5 Wasiat Rasulullah Kepada Abu Hurairah

Sahabat semua, kali ini kita akan membahas tengang 5 wasiat Rasulullah kepada Abu Hurairah. Kita kenal bahwa sahabat abu hurairah adalah sahabat rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang paling banyak meriwayatkan hadits, kurang lebih ada 5000 hadits.

Tentu sebagai umat Islam , kita membutuhkan riwayat dan hadits hadits tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan , tentu kita pun membutuhkan penjelasan yang jelas dan gamblang daripada hadits hadits tersebut agar kita dapat pemahaman dan keterangan yang benar.

Nah untuk kali ini , saya akan menjelaskan tentang hadits 5 wasiat Rasulullah kepada Abu Hurairah, dengen menyadur keterangan dar islamweb . Berikut penjelasan rinci nya.

5 Wasiat Rasulullah kepada Abu Hurairah

5 wasiat Rasulullah kepada Abu Hurairah di bawah ini , diriwayatkan oleh Imam Tirmizi dalam kitab sunan nya dan Imam Ahmad dalam kitab musnadnya. Adapun derajat hadits ini hasan, sebagaimana penilaian dari Imam Al Albani. Berikut lafal hadits nya :

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (من يأخذ عني هؤلاء الكلمات فيعمل بهنّ أو يعلمهنّ من يعمل بهنّ؟)، قال أبو هريرة: فقلت أنا يا رسول الله، فأخذ بيدي فعدّ خمسًا، قال: (اتّق المحارم تكُن أعبدَ النّاس، وارضَ بما قسَم الله لك تكُن أغنى النّاس، وأَحسن إلى جارك تكُن مؤمنًا، وأحِبّ للنّاس ما تحبّ لنفسك تكن مُسلمًا، ولا تُكثر الضّحك فإنّ كثرةَ الضّحك تُمِيتُ القلب) رواه أحمد، والتّرمذي، وحسّنه الألباني.

Artinya :

Dari Abu Hurairah, semoga Allah meridoinya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *