Sosialisasi Pramuka Garuda.

oleh

[BbsNews.Co.Id] Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Banten menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pramuka Garuda Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Banten Tahun 2017, bertempat di Aula Kwarda  Banten Serang.  Sabtu (29/7).

Kegiatan ini di ikuti 80 orang peserta dari 8 Kwartir Cabang di lingkungan Kwarda Banten masing-masing 10 orang/ Kwarcab. Peserta adalah para ancu Siaga, penggalang, penegak dan pandega.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Ketua Bidang Binawas Drs.H.Cepi Safrul Alam,M.Si. Beliau dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kwarda Banten sejak 2 tahun yang lalu terus mengembangkan kegiatan. Salah satunya adalah diselenggarakan Pramuka Garuda.

Masih kata kak Cepi kegiatan ini harus benar-benar sesuai dengan kriteria yang terdapat dalam jukran. Pada saat puncak Hari jadi Pramuka Kwarda Banten yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2017 yang akan datang akan dipilih Pramuka Garuda yang terpilih dari Kwarcab dan akan diserahkan kepada Mabida.

Kak H.Cecep juga berharap agar dapat membentuk karakter peserta didik Pramuka. Setelah memberikan sambutannya, beliau membuka kegiatan Sosialisasi Pramuka Garuda dilanjutkan penyematan tanda peserta secara simbolis.

Ketua panitia Kak Asep Herman menjelaskan kegiatan Garuda ini mengacu pada Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 038 Tahun  2017. Pramuka Garuda adalah seorang anggota muda Gerakan Pramuka yang telah mencapai kecakapan dan penghargaan tertinggi pada masing-masing jenjang pendidikan kepramukaan.

Tujuan diselenggarakannya seleksi Pramuka Garuda adalah pertama  memberikan motivasi kepada peserta didik agar mengtamalkan Satya dan Darma Pramuka, meningkatkan kualitas dirinya secara terus menerus dan dapat menjadi teladan yang baik bagi sesama anggota Gerakan Pramuka maupun masyarakat luas, khususnya anggota muda.

Kedua memberikan kebanggaan bagi kaum muda atas perbuatan baik yang senantiasa dilakukan, dibiasakan dan dibudayakan melalui Gerakan Pramuka dan dalam kesehariaannya, ketiga menarik minat kaum muda, terutama Peserta Didik untuk mengikuti jejak Pramuka Garuda.

Setelah mengikuti sosialisasi Pramuka Garuda ini, para peserta nanti harus membentuk tim penilai Pramuka Garuda di Kwarcab masing-masing yang kemudian disosialisasikan di Kwarran. Dan dalam pelaksanaannya antara binawasa dan binamuda harus sinergi.

Kegiatan sosialisasi antara lain pemaparan materi, diskusi menyamakan persepsi untuk pelaksanaan Pramuka Garuda dan presentasi hasil diskusi. Kegiatan ditutup pada pukul 15.00.

Harapan Kwarda Banten tahun 2017 ini mencetak 800 orang Pramuka Garuda dari golongan S,G,T D. Dan untuk Kwarcab dapat mencetak 100 orang Pramuka Garuda S,G,T,D

Dari Kwarcab Kabupaten Tangerang yang diberi tugas untuk kegiatan ini terdiri dari Hidayat,S.Pd (Kapusdiklatcab”), Ancu Siaga : Memed Gunawan dan Ina Aminah S,S.Pd. Ancu Penggalang : Muhamad Saftal  Hajar,S.Pd, Muyasaroh,S..Pd dan Mimin Carmila,S.Pd dan ancu Penegak : RB Soejiman, Jalaludin,S.Pd, dan Muhammad Bagus Saputra , S.Pd.(Hms Kwarcab/har)