Mendagri beri Perintah Direktur Satpol PP

oleh
Mendagri beri Perintah Direktur Satpol PP


PaparazyNews.NET – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo sudah mendengar peristiwa razia ibu warteg di Serang oleh Satpol PP yang menuai protes dari semua lapaisan masyarakat yang dianggap tidak simpatik.

Tjahjo Kumolo juga, sudah menugaskan pejabat Satpol PP Kemendagri untuk menegur cara-cara dalam razia seperti itu.
” Terkait kasus overacting Satpol PP terhadap ibu warteg, Direktur Satpol PP Kemendagri saya minta ke Kabupaten Serang untuk menegur dan mengingatkan kepada jajaran Satpol PP seluruh Indonesia, bahwa dalam melaksanakan keputusan atau instruksi kepala daerah atau melaksanakan mengamankan Perda di daerah untuk bersikap simpatik dan bijak,” ucap Mendagri Tjahjo dalam pesan singkat, Minggu (12/06).

Mendagri juga menyebut, Satpol PP dalam menjalankan tugas harus pengedepankan penyuluhan, tidak overacting yang menimbulkan ketidaksimpatiknya masyarakat kepada pemerintahan baik pusat maupun daerah.

“Harus intropeksi dan mengedepankan asas kemaunusiaan,” kata Tjahjo Kumolo kepada Satpol PP.

Dia menuturkan Satpol PP memang tugasnya melaksanakan Perda atau melaksanakan perintah kepala daerah, namun sejak tahun 2015 di mana Tjahjo Kumolo sebagai pembina satpol PP, selalu mengingatkan harus simpatik dan bijak dalam menegakkan Perda.

” Jangan OverActing sok kuasa, apa pun masyarakat di daerah harus ditertibkan tapi harus manusiawi,” ujarnya.

Lebih lanjut Mendagri mengatakan, Apalagi yang menimpa seorang ibu penjual nasi warteg di Serang Banten.

” Terkait warung makan yang buka di hari puasa diingatkan saja, agar tidak terbuka menyolok atau ditutup tirai. Apa pun itu, kita menjaga toleransi masyarakat yang beragama,” tegas Tjahjo Kumolo.

Jakarta, 14 Juni 2016
Penulis: Dede.Setiawan