Dinkes Kab. Tangerang Lakukan Gerakan Imunisasi Measles Rubella (MR).

[BbsNews.Co.Id] Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang menggelar imunisasi Measles Rubella (campak jerman) terhadap ratusan murid di SDN 3 Pasar Kemis, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Selasa (1/8/2017).

Kepala Dinkes Kabupaten Tangerang, Dessyriana mengatakan, perang terhadap virus Measles Rubella (campak jerman) penyakit yang menular disebabkan oleh virus harus terus dilakukan. Nah pencegahan virus Rubella ini dilakukan dengan cara lewat imunisasi terhadap anak usia 0 sampai 15 tahun. dan Virus campak jerman inicepat menular melalui droplet bersin atau ingus orang yang terinfeksi.

“Anak-anak sangat mudah terkena virus Measles Rubella. Penyakit ini harus kita tekan, karena sangat mudah menyebar,”katanya disela sela melakukan imunisasi campak jerman di SD N 3 Pasar Kemis.

Dessyriana menambahkan, sekedar diketahui gejala utama rubella adalah ruam yang warna merah muda khas. Dimulai dengan bintik-bintik, yang bisa gatal, sebelum menyebar dari belakang telinga ke kepala dan leher dan kemudian bagian lain dari tubuh bagian atas. Ruam biasanya berlangsung sampai seminggu.

“Adapun gejala utama lainnya adalah pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar telinga dan belakang kepala, badan panas/suhu tinggi mencapai 38C atau lebih dan badan menggigil. Gejala yang kurang umum lainnya pada orang dewasa adalah arthritis dan arthralgia (peradangan dan nyeri sendi),”ungkapnya.

Terlihat anak anak antusias mengikuti imunisasi campak virus Measles Rubella (MR) di SDN 3 Pasar Kemis (Selasa 1/8/2017).

Dessy menambahkan, dalam kasus yang jarang terjadi rubella dapat mengakibatkan komplikasi serius. Dalam satu dari 6.000 kasus, rubella dapat menyebabkan radang otak, dalam satu dari 3.000 kasus.

“Rubella dapat mempengaruhi pembekuan darah. Masa inkubasi rubella adalah 14-21 hari, kebanyakan orang mengalami ruam antara 14-17 hari setelah paparan.**Baca juga: Domisili Fiktif, OPD Penerbit Surat Izin di Tangsel Harus Dibenahi,”tegasnya..

Camat Pasar Kemis, Nawawi mengatakan, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat mencegah virus campak diwilayah Pasar Kemis “Ada 22.783 anak umur 0-15 tahun yang nantinya akan dimunisasi dan gratis,”pungkasnya.(Ret/Har)