Waduh ! Kepala Desa Saga Kabupaten Tangerang Dilaporkan ke Kajati Banten

0

KABUPATEN TANGERANG — Kepala Desa Saga, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang dilaporkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Getar ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten.

Pelaporan tersebut dilakukan lantaran Muhamad Hendra selaku Kepala Desa diduga telah melakukan penyelewangan penggunaan anggaran dana desa (ADD) tahun 2017 pada termin pertama.

“Kami sudah melaporkan secara resmi kepada kejati atas dugaan penyimpangan dana desa, ” kata Asep Supriatna Ketua LSM Getar Kabupaten Tangerang.

Disebutkan Supriatna, bahwa dilaporkannya kepala desa itu karena ada beberapa dugaan kejanggalan pada proses pencairan dana desa tahap pertama yang terjadi sekitar bulan Juni 2017 lalu. Dimana, dalam proses pencairannya dana desa senilai Rp 300 juta diduga tidak diketahui oleh bendahara keuangan Desa akan tetapi dana tersebut sudah dapat di cairkan.

Karena pada saat pihaknya melakukan konfirmasi kepada Bendahara keuangan Desa tersebut, bendaharanya itu tidak mengakui serta tidak pernah menandatangani proses pencairannya di Bank.

Oleh karena itu Supriatna menduga kalau dalam tahapan pencairan dana desa termin pertama itu ada kejanggalan, karena setelah selang empat hari dana itu dicairkan Bendahara Desa Saga tersebut langsung mengundurkan diri.

“Selain itu, dua judul kegiatan fisik tahun 2017, pada tahap pertama tidak dilaksanakan,” ungkapnya.

Menanggapi laporan LSM tersebut ke Kajati Banten, Indarto Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa ( DPMPD) Kabupaten Tangerang mengatakan, bahwa sudah berbagai upaya sudah dilakukan pihaknya agar Kepala Desa yang ada di Kabupaten Tangerang ini dapat menggunakan anggaran dana desanya dengan baik dan transparan.

“Mulai dari segi pembinaan serta memonitoring langsung ke Desa-Desa, hal itu dilakukan taklain supaya Kepala Desa dapat menghindari terjadinya penyelewengan,” tandasnya.(Herman)

 

Facebook Comments
torabika