Virus Ransomware Merambat Ke Universitas di Indonesia

oleh
serangan virus ransomwar di sebuah lab

setelah menyerang rumah sakit kini virus ini menyerang ke universitas dan kantor di indonesia .Serangan virus WannaCry Ransomware benar-benar menjadi penyakit baru di media siber 24 jam terakhir. Penangkal virus ini belum ditemukan bak AIDS yang belum ada obatnya.Kini upaya yang dilakukan di Universitas khususnya di tangerang seperti di UPH karawaci terlihat seperti dinonaktifkannya jaringan LAN internet pada 15 mei 2017 pagi tadi.

snapgram mahasiswa di lab yang terkena virus

Dilansir dari situs thehackernews.com, virus Ransomware versi terbaru WannaCry 2.0 lebih berbahaya. Korban virus ini adalah pengguna komputer dengan sistem operasi Windows usang, utamanya versi tahun 2010 ke bawah. Seperti Windows XP, Vista, Windows 8, Server 2003 dan 2008 Editions. Padahal Microsoft belum lama ini melakukan update patch keamanan yang tidak biasa untuk melindungi pelanggannya dengan komputer usang.

WannaCrypt, atau juga dikenal sebagai WannaCry, adalah ransomware menyebar seperti worm dengan memanfaatkan kerentanan Windows SMB (MS17-010). Korban ransomware WannaCry adalah pengguna belum memasang patch keamanan yang diluncurkan Windows pada bulan Maret (MS17-010). Sejauh ini, orang di belakang WannaCry Ransomware telah menerima pembayaran dari hampir 100 korban dengan total 15 Bitcoin. Atau setara dengan USD $ 26.090 atau jika dirupiahkan sebesar 347.866.667. (Tedi)