Tol Tangerang-Merak Mau Diperpanjang Sampai ke Pelabuhan

PT Marga Mandalasakti telah mengusulkan ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk perpanjangan jalan tol Tangerang-Merak. BUJT tersebut berniat memperpanjang tol sepanjang 72 km itu hingga ke pelabuhan Merak dengan membangun jalan akses khusus sepanjang 5,5 km.

Seperti yang dilansir oleh detik.com pada Rabu (11/07/18) Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti Sunarto Sastrowiyoto mengatakan saat ini kajian studi kelayakan terhadap rencana perpanjangan jalan tol tersebut sudah hampir rampung.

“Minggu ini kita serahkan ke BPJT, nanti biar BPJT menilai,” katanya saat ditemui di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Sunarto bilang, saat ini, kapasitas dermaga di Merak diperkirakan dapat menampung 12.000 kendaraan per hari. Agar bisa layak secara usaha, Sunarto memperkirakan kapasitas tampung diharapkan mencapai 40.000 kendaraan per hari.

Perpanjangan jalan tol Tangerang-Merak menuju akses Pelabuhan Merak, Banten sendiri akan membutuhkan dana sekitar Rp 1,8 triliun. Namun perhitungan biaya tersebut kata dia belum rampung karena harus menunggu kajian detil dari tim teknis tuntas.

“Nanti kita hitung. Tahapan dari desain itu kan dari feasibilities tadi dulu, kirakira berapa, nanti baru ‘oh menguntungkan’ baru gambar detil,” ucapnya.

Sebagai informasi, saat ini untuk mencapai Pelabuhan Merak, pengguna jalan harus melewati jalan arteri biasa sepanjang 5 km. Perpanjangan jalan tol Tangerang-Merak yang berujung di gardu tol Merak di Kilometer 98 pun diharapkan menjadi solusi mengatasi kemacetan yang ada menuju Pelabuhan Merak.

(mam/yes)

Facebook Comments
torabika