Tempat Hiburan Di Kota Tangerang Tutup Selama Ramadhan

[BbsNews.Co.Id] Menjelang Bulan Suci Ramadhan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang segera mengeluarkan Surat Edaran terkait penutupan sementara jasa hiburan umum, termasuk hiburan malam dan membatasi jam operasional rumah makan atau restoran.

“Iya, kita segera buat surat edaran untuk para pengusaha hiburan agar menutup sementara selama Puasa. Dan kalau untuk restoran hanya dibatasi jam operasionalnya, yaitu buka jam 3 sore hingga waktu Imsak,”terang Rizal Ridolloh Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, kepada Wartawan Media Online Bbsnews.co.id, di ruangnya, Kamis (18/5/17).

Hal tersebut, lanjut Rizal, adalah salah satu bentuk toleransi umat beragama di Kota Tangerang, untuk mencegah timbulnya gangguan kepada umat muslim dalam menjalankan Ibadah puasa.

“Artinya kita mengajak semuanya untuk saling menghormati pada sesama, dan hal ini merupakan sikap toleransi dalam beragama,”katanya

Lebih lanjut Rizal menjelaskan, kepada masyarakat untuk tidak melakukan sweeping atau main hakim sendiri terhadap rumah makan atau tempat hiburan, sebaiknya dilaporkan saja apabila ada yang tetap buka.

“Setiap tahunnya memang diberikan surat edaran seperti ini, dan alhamdulillahnya para pengusaha hiburan, dapat mengerti dan mentaati. Terlebih lagi bulan puasa ini kan memang sudah lumrah, kalau dalam satu tahun, hitungannya mereka itu sebelas bulan membuka usaha, dan hanya satu bulan mereka tutup, itu kan hal yang wajar,” tutur Rizal

Di bulan Ramadhan, tambah Rizal, Disbudpar akan melakukan monitoring. Bila ada yang melanggar, pastinya akan ada sanksi dari Pemerintah. Namun soal penindakan terhadap yang melanggar, akan ditangani Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tangerang.

“Rekan-rekan juga boleh bantu monitoringnya, jikalau ada yang membandel laporkan saja,”tandasnya.(Hel/Ekek)