Tahun Baru 2019, Kawasan Banten Lama Banyak Diminati Masyarakat

0

Bbsnews, Serang – Kota Kuno Banten atau Banten Lama adalah situs yang merupakan sisa kejayaan Kerajaan Banten. Yang kini sedang direvitalisasi oleh pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten yang diperkirakan akan Rampung di tahun 2022 ini tak surut dari pengunjung.

Liburan Tahun baru 2019 tempat bersejarah kawasan Banten lama banyak diminati masyarakat baik dari wilayah Banten maupun dari wilayah lain diluar Banten, ada yang sengaja datang untuk berziarah ataupun hanya sekedar liburan.

Andri, salah satu pengunjung kawasan Banten lama mengaku dirinya lebih berminat mengisi liburan di kawasan Banten lama, apalagi setelah adanya revitalisasi kawasan Banten lama terlihat semakin menarik

“Saya merasa Walaupun berupa reruntuhan, tumpukan batu bata merah dan batu karang masih tampak membentuk sebuah bangunan keraton. ditambah lagi terdapat reflika atap atau payung peneduh mirip dengan di Madinah.”ungkap Andri kepada Bbsnews. Selasa (1/12/19)

Sementara Iim, yang juga pengunjung Banten lama mengaku enggan untuk berlibur di pantai untuk saat ini apalagi disaat cuaca yang tak menentu ia lebih memilih ke kawasan Banten lama dari pada ke pinggir pantai karena merasa lebih aman.

“Iyah takut kalau ke pantai, gara-gara kemaren tsunami Selat sunda jadi mending ke Banten lama selain bisa berziarah kan bisa selfi-selfi, lagian bagus tempatnya.”paparnya sambil tersenyum.

Di tempat ini terdapat banyak Situs peninggalan dari Kerajaan Banten, diantaranya, Istana Surosoan, Masjid Agung Banten, Situs Istana Kaibon, Benteng Spellwijk, Danau Tasikardi, Meriam Ki Amuk, Pelabuhan Karangantu, Vihara Avalokitesvara.

Wisata religi kawasan Kesultanan Banten memang sedang dipersiapkan sebagai salah satu tujuan wisata religi kelas dunia. Terlebih, selain arsitektur wajah barunya yang dipoles cukup memikat, Banten Lama memiliki daya tarik akan catatan sejarahnya yang hebat.

(Juliadi)

Facebook Comments
torabika