Sungai Sukmajaya Meluap, Sampah Tutupi Jalan

CILEGON – Hujan yang melanda Kota Cilegon dalam beberapa harai terakhir membuat aliran Sungai Sukmajaya di Kelurahaan Sukmajaya Kecamatan Jombang meluap. Akibatnya, lautan sampah yang berada di kali tersebut meluber hingga menutup akses jalan.

Pantauan di lokasi, lautan sampah yang dihasilkan oleh para pedagang di Pasar Kranggot, ini hingga saat ini pun belum ditangani oleh pihak kelurahaan, kecamatan maupun dinas terkait untuk menangani kasus tersebut. Bahkan, setiap hujan deras, fenomena ini pun terus terjadi setiap hujan tiba. Akibat meluapnya air yang berada di kali tersebut, masyarakat yang melintas harus menahan bau busuk yang berada di tumpukan sampah tersebut.

Salah satu warga, Saliyah mengaku, sangat terganggu dengan banyaknya tumpukan sampah yang berada di sungai tersebut. Sebab, dengan kondisi tersebut, justru bau yang ditimbulkan oleh sampah tersebut sangat menyengat.

“Kalau udah seperti ini harus gimana? Seharusnya kana da tindakan dari pihak kelurahaan, kecamatan atau dinas terkait yang mengangani kasus sampah ini. Tapi, tidak ada satu pihak pun yang melakukan pembenahaan atau membersihkan tumpukan sampah yang ada di sungai tersebut,” kata Saliyah kepada BANPOS,” Jumat (10/11/2017)

Senada dengan Salyiah, Eti juga mengaku, jika dari pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon belum pernah melakukan pengerukan di kali tersebut. Akibatnya sampah yang berada di kali setiap musim hujan meluap hingga ke jalan.

“Semestinya sebelum musim hujan Dinas Lingkungan Hidup itu lakukan pengerukan sampah yang ada di kali. Nah, sekarang aja sudah masuk musim hujan terus gimana nasib warga yang tinggal dekat dengan kali?” bebernya.

Eti juga mengaku, dinas terkait maupun dari pihak kelurahaan dan kecamatan sampai saat ini juga belum pernah memberikan himbauan kepada masyarakat/pedagang untuk tidak membuang sampah di kali.

Sebenarnya TPA ada, tapi karena jauh akhirnya masyarakat maupun pedagang lebih suka buang sampah di kali. Untuk itu, saya sih minta ada himbauan/larangan dari pemerintah agar masyarakat maupun pedagang jangan buang sampah di kali,” pungkasnya. (CON/TBI)

Facebook Comments
torabika