Sudah Abis Banyak Uang, “Tapi Belum Juga Jadi”.

oleh

[BbsNews.Co.Id] Di Desa Sukamaju Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten OKU, tidak sedikit masyarakat yang belum mendapat E.KTP atau KK.

Menurut Selamet (35) keluarga kami sudah 8 tahun berada di desa ini, tetapi kami belum ada KK atau pun KTP. Sudah pernah diurus ke perangkat desa, hasilnya nihil sampai saat ini.

“sudah banyak habis uang untuk mengurus surat Kartu Keluarga dan KTP, tapi sampai saat ini belum dapat” ungkapnya kepada wartawan media online BBSNews.Co.Id.

Menurut asnawi suldi bagian sekertaris Capil berkas yang ada sudah sampai 16 ribu, sedangkan belangko yang ada hanya 10 ribu Saat dikonfirmasi ke kantor CAPIL (Catatan sipil). Baru tercetak 2.050 kartu KTP.

“minutes belangko untuk pembuatan kartu KTP, hanya ada 10 ribu sedangkan berkas yang masuk sudah melebihi, bukan hanya itu mesin cetak yang sudah cukup umur, membuat kami bekerja hanya 100 KTP/hari” jelasnya

Rasidi kepala bidang kependudukan, menambahkan, bagi yang belum ada KTP atau yang belum mengambil E-ktp ataupun KK diharapkan membawa surat bukti rekaman, atau NIK sebagai tanda bukti memiliki KK sebelumnya.

“apabila dalam sudah bertahun – tahun belum mendapat KTP, diharapkan membawa bukti surat, dan apabila surat keterangan pengambilan KTP sudah hilang, bisa menggunakan NIK di kartu keluarga untuk bahan pengecekan.” ulasnya

Menurut surat edaran mentri dalam negeri dengan demikian KTP-el yang diterbitkan sejak 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun habis masa berlakunya. (Ds/Gn)