Sudah 82,3 Persen Pemudik yang Lewat Pelabuhan Merak ke Sumatera

Seperti yang dilansir oleh detik.com pada Rbu (13/06/18) Arus mudik melalui Pelabuhan Merak sudah sebagian besar diseberangkan ke Sumatera. Angka dari PT ASDP mencatat 82,3 persen pemudik sudah diseberangkan dengan puncak mudik terjadi pada Rabu (13/6) dini hari.

“Tadi malam puncak arus mudik, seluruhnya sudah 82,3 persen jadi tinggal sebagian kecil,” kata Dirut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi kepada wartawan di Merak, Cilegon, Banten, Rabu (13/6/2018).

Merujuk pada data, pemudik pejalan kaki tercatat sebanyak 73 persen dengan sebagian kecil sisanya kemungkinan akan berangkat pada malam ini atau esok hari. Sedangkan roda dua, tercatat 78,3 persen dan roda empat 84,5 persen.

Di puncaknya, Ira mengatakan bahwa tadi malam kendaraan roda dua meningkat tajam pada angka 25.970 kendaraan. Jauh dibandingkan hari sebelumnya yang hanya 10.208 motor.

Sedangkan mobil, yang tadinya hanya 13 ribu, tadi malam meningkat sampai 15 ribu mobil. Total 175.803 orang menyeberang ke Sumatera melalui Merak.

“Dan itu tertinggi dari mulai H-8. Rasanya puncaknya tadi malam. Ada tumpahan kendarannya sekarang,” katanya.

Menurutnya, meskipun tadi malam terjadi kemacetan sampai exit tol Merak, itu disebabkan oleh besarnya volume kendaraan yang datang ke pelabuhan. Fasilitas perhubungan apapun menurutnya akan sulit menampung volume kendaraan yang tinggi saat mudik.

Di Dermaga VI, menurutnya juga terjadi aliran kendaraan yang baik khusus roda dua. Jika pada tahun sebelumnya, dermaga ini khusus untuk motor. Tahun ini, mereka dialihkan untuk disebar ke dermaga lain.

Sudah 175 Ribu Orang Menyeberang ke Bakauheni via Merak

Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak terjadi pada H-3 malam hingga H-2 dini hari. Pemumpang yang mudik ke kampung halaman mencapai 175.803 orang.

Data produksi PT ASDP Indonesia Ferry per Selasa (12/6) hingga Rabu (13/6) pukul 08.00-08.00 WIB menyebut, jumlah pepenumpang pejalan kaki mencapai 32.763 orang dan penumpang dalam kendaraan sebanyak 143.040 orang.

Pada dini hari tadi, Dermaga 6 dipadati kendaraan roda dua. Antrean kendaraam hampir meluber ke luar dermaga. PT ASDP mencatat, pada puncak arus mudik jumlah kendaraan roda dua mencapai 25.697 unit, sedangkan kendaraam roda empat sebanyak 15.317 unit.

Dari 15 ribu unit kendaraan yang menyeberang ke Bakauheni via Pelabuhan Merak, mobil pribadi mendominasi antrean baik di kantong parkir dermaga maupun tollgate. Bahkan, tol Tangerang-Merak terkena imbas kemacetan akibat meningkatnya volume kendaraan pribadi.

Jika ditotal secara keseluruhan, mulai dari bus dan truk serta kendaraan roda 4 atau lebih, jumlah kendaraan yang diseberangkan mencapai 42.058 unit.

Peningkatan volume kendaraam sesuai prediksi pihak kepolisian dan pengelola pelabuhan bahwa puncak arus mudin di Merak terjadi pada H-3 Lebaran.
(mam/yes)

Facebook Comments
torabika