Status Anak Krakatau Level II, Nakhoda Diminta Lebih Waspada

Seperti yang dilansir oleh detik.com pada Selasa (26/06/18) Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten mengeluarkan maklumat pelayaran. Hal itu menyusul status gunung Anak Krakatau yang berada di level II atau waspada.

Pihak syahbandar meminta agar nakhoda meningkatkan kewaspadaan saat berlayar di Selat Sunda. Syahbandar juga mengingatkan agar nakhoda selalu memperhatikan informasi yang dikeluarkan oleh BMKG terkait kondisi cuaca.

“Memonitor dan memantau berita cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Berita erupsi gunung Anak Krakatau dari KESDM, PVMBG, Pos Pemantau gunung Anak Krakatau dan melalui semua alat yang digunakan untuk menerima berita cuaca di atas kapal serta melakukan tindakan yang sesuai di atas kapal,” kata Kepala KSOP Banten, Yefri Meidison dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/6/2018).

Yefri juga mengimbau agar nakhoda dan awak kapal memperhatikan kondisi permesinan kapal dan peralatan navigasi untuk memastikan bahwa semua berfungsi dengan baik.

“Memastikan kelengkapan alat keselamatan kapal dapat dipergunakan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, kondisi terakhir status gunung Anak Krakatau masih berada di level II, wisatawan, masyarakat, dan nelayan diimbau tidak mendekati gunung berapi tersebut radius 1 km dari kawah.
(mam/yes)

Facebook Comments
torabika