Sosialisasi UU RI No.11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik (ITE)

oleh
 

Sosialisasi UU RI No.11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik (ITE)

PaparazyNews.NET – Penjabaran Pasal 27 UU RI No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan transaksi elektronik (ITE) atau biasa yg disebut Undang – Undang ITE.

Menjadi pertanyaan bagi pengguna Akun Medsos, sudahkah anda sebagai Mitra Humas (netizen) secara tanggung Jawab.

Maka menurut isi Pasal 27 ayat 1, 2, 3 dan 4 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik menyatakan bahwa :

  1. Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan. 
  2. Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan perjudian. 
  3. Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau  membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik. 
  4. Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan pemerasan dan/atau pengancaman.

Untuk ketentuan Pidananya, menurut Pasal 45 ayat 1 adalah:

Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling
banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Tangerang, 11 Mei 2016
Penulis: Widhi W.Karni
Sumber: Div.Humas
Mabes Polri