Sony Rilis Sensor Kamera dengan Resolusi Tertinggi di Dunia

Sony merilis sensor kamera generasi terbaru. Diberi nama IMX586, apa keunggulan sensor kamera yang diperuntukan bagi ponsel itu?

IMX586 menjanjikan lompatan dalam kualitas gambar dengan ukuran resolusi mencapai 48 megapixel (8000 x 6000 pixel). Diklaim Sony, IMX586 memiliki jumlah pixel tertinggi di industri saat ini.

Dikutip dari detik.com (24/07/18) Vendor asal Jepang itu membuat sensor IMX586 berukuran 0,8 micron pixel. Ini menjadi paling kecil yang ada di pasaran. Agar tidak menghasilkan noise di kondisi low light, Sony menggunakan susunan filter warna quad Bayer.

Sony Rilis Sensor Kamera Ponsel Resolusi Tertinggi di DuniaFoto: Sony

Adanya filter ini berarti 2 x 2 pixel yang berdekatan memiliki warna yang sama, memungkinkan untuk pemotretan dengan sensitivitas yang lebih tinggi. Sensor ini dapat dirancang untuk menggunakan sinyal dari empat pixel yang berdekatan saat kondisi cahaya rendah. Ini akan menghasilkan peningkatan sensitivitas yang menyamai level sensor 12 megapixel.

Intinya, sensor IMX586 menjanjikan gambar yang lebih cerah dengan noise yang sangat rendah terlepas apapun kondisi pencahayaannya.

“Sensor ini dirancang dan diproduksi dengan teknik yang meningkatkan efisiensi pengumpulan cahaya dan efisiensi konversi fotoelektrik atas produk konvensional, menghasilkan ukuran piksel 0,8 μm pertama di dunia, dengan sensitivitas tinggi dan tingkat sinyal saturasi tinggi,” kata Sony dalam pernyataan resmi dilansir dari BGR, Selasa (24/7/2018).

Sony Rilis Sensor Kamera Ponsel Resolusi Tertinggi di DuniaFoto: Sony

Informasi lain soal IMX585, sensor ini punya kemampuan merekam full frame 30 fps. Selain itu mampu merekam video 4K pada 90 fps. Lagi-lagi ini lebih tinggi dari sensor kamera yang banyak dipakai ponsel flagship di pasaran sekarang, di mana kemampuannya merekam 4K pada 60 fps.

Sensor IMX586 akan mulai dikapalkan pada September mendatang. Kemungkinan iPhone dan Pixel akan menjadi ponsel pertama yang mengadopsi sensor ini. Sony sendiri membanderol IMX586 seharga 3.000 yen atau sekitar Rp 392 ribu. (mam/yes)

Facebook Comments
torabika