SMPN 4 Kota Padang Panjang lahirkan 19 Hafiz Quran

oleh

[BbsNews.Co.Id] SMPN 4 Kota Padang Panjang menunjukkan taji nya sebagai sekolah yang mampu melahirkan para penghafal Alquran. Hal itu dibuktikanya dengan menyelenggarakan acara wisuda tahfiz angkatan I yang berjumlah 19 siswa, senin (15/5).

Acara wisuda itu turut dihadiri oleh Walikota Padang Panjang Hendri Arnis yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Politik dan Hukum Emir Emil El Maulid, Ketua DPRD Kota Padang Panjang Novi Hendri, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Desmon, Para kepala Sekolah se Kota Padang Panjang, Ketua BARKA Training Maisal Setiawan, Ketua Penggiat Literasi Kota Padang Panjang Muhammad Subhan dan undangan lainnya.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 4 Kota Padang Panjang Ermita, Program Tahfiz Alquran di sekolahnya itu berawal dari kegiatan Ekskul yang melibatkan sebuah lembaga pelatihan bagi para penghafal Al quran. Mereka diberikan pengajaran tentang menghafal Alquran yang diadakan setiap hari sabtu. Dari sejumlah siswa yang mengikuti kegiatan tersebut didapatlah 19 siswa yang hafiz Alquran hingga bisa diwisuda dihari itu.

Diantara mereka bahkan ada yang telah hafal 2 juz meski kebanyakan para siswa yang diwisuda baru hafal 1 juz.

Program menghafal Alquran saat ini di telah menjadi program yang cukup penting dan menjadi prioritas di sejumlah sekolah di Kota Padang Panjang. Baik di Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Atas telah menerapkan program hafalan Alquran bagi para siswanya.

Hal itu juga karena dorongan dari Walikota Padang Panjang Hendri Arnis yang ingin menciptakan generasi emas Kota Padang Panjang yang relegius dan intelek di kemudian hari. Para penghafal Alquran saat ini juga mendapat keistimewaan disejumlah Universitas Negeri, khususnya yang mampu menghafal diatas 5 juz akan diterima di Perguruan tinggi tanpa tes.

Ketua DPRD Kota Padang Panjang Novi Hendri yang didaulat membuka secara resmi Wisuda Tahfiz tersebut sangat mendukung apa yang telah dilaksanakan pemerintah Kota Padang Panjang yang mendorong agar sekolah sekolah menerapkan program tahfiz Alquran. Dikatakannya saat ini Kota Padang Panjang menjadi percontohan bagi sejumlah daerah dalam menerapkan program tahfiz Quran.

“ Ini tentunya harus kita pertahankan dan tentunya kita tingkatkan lagi, dan kalau bisa kita bisa melaksakan program wisuda tahfiz secara bersamaan dengan seluruh sekolah SMP di Kota Padang Panjang” ungkapnya. (Pdng)