Serang Akan jadi kawasan Smartcity

oleh

[metaslider id=3301]ebagai pengembang kawasan industri ModernCikande, PT Modern Industrial Estat, anak usaha PT Modernland Realty Tbk. tengah mempersiapkan pembangunan kota pintar atau smart city.

Rencananya, akhir tahun ini, perseroan bakal menggandeng asosiasi dari Taiwan untuk mengembangkan smart city seluas 100 hektar di ModernCikande, Serang, Banten.

“Tahun ini akan mulai dengan kerja sama berbentuk MoU (memorandum of understanding) untuk sementara dengan pihak Taiwan,” ujar Direktur Utama PT Modern Industrial Estate Pascall Wilson di ModernCikande, Senin (22/5/2017).

Ia mengatakan, lahan seluas 100 hektar ini berada di dalam kawasan industri yang memiliki total luas 3.175 hektar.

Isinya, berupa pusat data, pabrik elektronik, dan pusat inkubasi untuk perusahaan rintisan atau start up.

Pascall menjelaskan, jadi konsep smart city ini nanti berupa bangunan-bangunan yang berfungsi sebagai tempat produksi, gudang dan kantor.

“Itu semua terintegrasi dalam satu bangunan, ukuran paling kecil lahannya 350 meter,” kata Pascall.

Karena usulannya untuk perusahaan rintisan, tutur dia, akan ada beberapa opsi seperti sewa gedung atau jual-beli putus.

Opsi sewa ini diberikan perseroan untuk memberi keringanan bagi perusahaan rintisan yang biasanya membutuhkan modal besar saat pendirian perusahaan.

Start-up ini bisa sewa di kita. Setelah mereka maju, 2-3 tahun mereka bisa beli di tempat yang sama tanpa harus pindah,” sebut Pascall.

Wakil Walikota Serang Tb Sulhi Choir menargetkan pada 2017 konsep smart city ini sudah bisa direalisasikan. Sehingga pelayanan di masyarakat bisa cepat diatasi oleh Pemkot Serang. “Kita harus optimis, dan saya harus memastikan pada 2017 konsep smart city ini harus bisa diterapkan di Kota Serang. Memang SDM kita belum 100 persen memahami konsep smart city ini. Jadi kalau dipersentasikan sekitar 40 persen lah, yang sekarang sudah paham dengan sistem smart city ini,” ujarnya

 

sumber : kompas.com