Seminar UPH “Mahasiswa Adalah Para Pemuda Yang Berdampak Bagi Lingkungan”

[BbsNews.Co.Id] Departemen Hubungan Eksternal, Badan Exsekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Pelita Harapan (UPH) menggelar Student Leaders Gathering (SLG) 2017 di Grand Chapel (Aula Serbaguna) UPH, Karawaci Kota Tangerang, Sabtu (20/5).

 

Adapun acara diikuti sebanyak 50 Universitas se-Jabodetabek serta beberapa kampus dari Bandung dan Medan. Selain itu kegiatan tersebut mengusung tema “Peran Strategis Pemuda Indonesia Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif” yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa turut serta dalam pengembangan ekonomi kreatif dan mahasiswa sebagai pilar penunjang ekonomi Indonesia yang strategis. Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana, Adiputra Kaban, Mahasiswa bidang perhubungan UPH kepada Wartawan Media OnlineBbsnews.co.id, usai acara.

 

“SLG ini merupakan kegiatan rutin BEM UPH, dan ini kali keempat kami menggelar dengan tujuan untuk fasilitasi mahasiswa ikut serta mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia,”jelasnya

 

Kemudian, lanjut Adi, mahasiswa adalah para pemuda yang berdampak bagi lingkungan, pada event kali ini diharapkan pemuda menjadi agent untuk membawa perubahan positif dengan pemikiran yang kreatif dan inovatif.

 

“Artinya, di acara ini kita memfasilitasi serta mendorong pemuda untuk memberikan perubahan dilingkungannya, dan semoga kedepannya anak muda menyadari betapa penting perannya dalam pengembangan di bidang ekonomi kreatif,”ujarnya

 

Disamping itu kegiatan juga diisi dengan diskusi dan tanya jawab, adapun pembicaranya yaitu Dr. Jerry Sambuaga, Dosen dan ahli dalam perancangan kebijakan publik yang turut menajamkan diskusi dari segi kebijakan publik untuk ekonomi kreatif, kemudian Wibawanto Nugroho, sebagai Defense Economist atau ahli ketahanan ekonomi, serta Reza Sadha Youtuber dan  praktisi industri kreatif.

 

Dalam diskusi tersebut salah satu pembicara yang telah berhasil dan sudah berpenghasilan yaitu Reza Sadha, sebagai alumni UPH, dia juga sempat bekerja di salah satu perusahaan, namun dirinya tetap mencoba menampilkan kreatifitasnya melalui youtube, dan alhasil, dia memperoleh penghasilan dari video yang diunggahnya.

 

“Intinya adalah keinginan untuk terus mencoba dan konsisten, tak perlu takut, biasanya anak muda cenderung gengsi, padahal dia mampu dan memiliki potensi untuk berkreasi,”imbuhnya.(Hel)