Sambut 1 Muharram, Ratusan Warga Kp. Kebon Jati Berkeliling Pawai Obor

Kemilauan cahaya yang bersumber dari ratusan api obor begitu semarak di sepanjang Jl Imam Bonjol, Kelurahan Bojong Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Senin (10/9) malam.

Sekitar 400 orang berpakaian muslim begitu bersemangat melakukan pawai obor ini usai Isya dari Masjid Riyadhul Jannah Kp. Kebon Jati mengitari sepanjang jalan menuju kembali ditempat awal berkumpul.

Alunan takbir dan dzikir terus bergema sepanjang pawai yang menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah.

Para petugas aparat TNI dan Kepolisian dibantu masyarakat pun begitu teratur mengatur jalannya pawai dan lalu lintas.

Ustadz Nanang yang juga sebagai pengurus di struktur DKM Masjid Riyadhul Jannah mengatakan, pawai obor yang dilaksanakan masyarakat untuk menyambut tahun baru Islam atau satu Muharram ini memiliki makna sebagai penerangan dan suka cita dalam menyongsong tahun baru.

“Tradisi menyambut tahun baru Islam dengan pawai obor sudah menjadi tradisi turun menurun. Dan pada tahun baru Islam tahun ini kami para tokoh masyarakat ingin terus menghidupkan kembali tradisi ini,” ujarnya kepada media Bbsnews.co.id.

Ia menambahkan, tradisi pawai obor setiap menyambut tahun baru Islam ke depannya akan dijadikan agenda tahunan.

“Kita ingin memaknai bahwa dalam kegelapan selalu ada penerangan. Seperti itulah Islam, yang mengeluarkan kita dari zaman kegelapan menuju zaman cahaya,” jelasnya.

(Ris/red)

Facebook Comments
torabika