Salah Injak Pedal, Mobil Ini Malah Nyusruk ke Parit

Seperti yang dilansir oleh detik.com pada Senin (11/06/18) Kasus kecelakaan akibat salah injak pedal masih banyak terjadi. Pengemudi yang harusnya menginjak rem malah menginjak gas dalam-dalam. Alhasil, kecelakaan tak terhindarkan.

Kejadian salah injak pedal kembali terjadi. Video yang dirilis akun instagram @agoez_bandz menayangkan sebuah mobil berkelir merah nyusruk ke parit.

“Ibu-ibu bawa mobil terpantau CCTV mau jalan keluar dari parkiran, Katanya mau injak rem keliru injak gas. Beruntung sepeda motor yang kesenggol ga pa2, Tapi mobil nyaris nyemplung parit.

Lokasi Depan Pet Station BSD, Tangerang,” tulis akun instagram itu.

Dalam video itu terlihat mobil tengah diparkir keluar dari sebuah ruko. Awalnya mobil berjalan mulus. Tapi, sepertinya pengemudi panik melihat adanya motor yang melintas. Alhasil, niat mau ngerem malah pedal gas yang diinjak.

Hal itu terlihat dari mobil yang melaju tanpa kendali. Akhirnya, mobil nyusruk ke parit.

Instruktur safety driving di Rifat Drive Labs, Andry Berlianto, beberapa waktu lalu mengatakan kasus kecelakaan tersebut kerap terjadi karena pengemudi panik. Biasanya, secara kondisi pengemudi yang sedang panik tidak sempat melakukan recovery seperti mengangkat kaki dari pedal gas atau melakukan pengereman. Menurut Andry, kaki seperti dilem ke pedal gas saat panik.

Menurutnya, penyebab pertama kasus salah injak pedal gas dan rem adalah pengemudi gugup dan kaget. “Kemungkinan alasan berikutnya adalah kendaraan yang bukan bawaan sehari-hari. Solusi agar tak salah injak pedal, jangan langsung mengemudi. Tapi rasakan dulu feel-nya di balik kemudi,” kata Andry.

Sopir yang mengendarai kendaraan bukan bawaan sehari-hari cenderung belum mengenal karakter mobil yang dikendarainya. Hal itu bisa memicu kasus kecelakaan akibat salah injak pedal.

“Kemungkinan selanjutnya, mungkin karena pengemudi kehilangan feeling meski sudah punya pengalaman mengemudi. Faktor lelah juga bisa berkontribusi, kata Andry.
(mam/yes)

Facebook Comments
torabika