Resmi Beroperasi, Walikota Tangerang : Puskesmas Petir Miliki Fasilitas Lengkap

0

Bbsnews, Tangerang – Walikota Arief.R Wismansyah di dampingi Wakil walikota Sachrudin dan Sekertaris daerah Dadi Dudaeri dan Kepala Dinas kesehatan Kota Tangerang Hj. Liza Puspa Dewi, meresmikan Puskesmas Petir, Kecamatan Cipondoh.

Puskesmas Petir yang merupakan hibah dari PT. Agung Sedayu Group dibangun di atas lahan seluas 960,7 Meter dan tanpa biaya dari anggaran Pemkot Tangerang merupakan salah satu bangunan yang terbaik dari yang pernah ada.

“Terima kasih atas dukungan, partisipasi dan sumbangan dari PT. Agung Sedayu selaku pengembang Green Lake City,” ungkap Arief saat meresmikan beroperasinya Puskesmas Petir Jl. KH. Ahmad Dahlan, Keluraahan Petir, Cipondoh, Tangerang, Rabu (9/1/19).

Arief berharap Puskesmas Petir benar-benar dapat memberikan fasilitas kesehatan dan mendekatkan masyarakat khususnya di wilayah kelurahan Petir, sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh untuk melakukan pengobatan di Puskesmas Gondrong.

Menurutnya, Puskemas Petir tersebut lebih lengkap di banding dengan Puskesmas yang berada di Gondrong.

“Kepala Puskesmas Gondrong akan bekerja sama dengan Puskesmas Petir apabila ada yang ingin melahirkan di wilayah Gondrong dan kebetulan tempat itu penuh, dapat langsung di bawa ke Puskesmas Petir,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Hj. Liza Puspa Dewi menjelaskan, pembangunan Puskesmas Petir ini sudah sesuai dengan peraturan mentri kesehatan (Permenkes) Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014.

“Kota Tangerang dengan 33 Puskesmas itu hanya 1 yang belum di akreditasi itu pun sebenanya bukan belum terakreditasi namun di relokasi seperti Puskesmas di Kecamatan Benda,” katanya.

Kendati demikian, Puskesmas Petir memiliki fasilitas lengkap dengan semua pelayanan Puskesmas di tambah dengan UGD dan juga ada persalinan One day care atau persalinan yang hanya membutuhkan waktu satu hari, karena untuk persalinan yang dapat di tangani di puskesmas tersebut hanya persalinan yang sifatnya normal.

Selain itu, jika ada yang persalinannya tidak normal tidak usah khawatir karena pihaknya telah menyiapkan sistem rujukan terpadu dan sudah di lengkapi dengan ambulans 119 jadi tidak masalah.

“Jadi apabila ada ibu hamil yang akan melakukan persalinan normal akan langsung bisa di tangani di sini, jika tidak, tidak perlu khawatir datang saja, ambulans akan segera membawa kerumah sakit terdekat,” pungkasnya. (Juliadi)

111 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Facebook Comments