Ratusan Warga Hadiri Gema Cermat di Ciputat

0

Ratusan warga Kecamatan Ciputat, Jum’at (11/5)siang menghadiri kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Memilih Obat (Gema Cermat) yang dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Ciputat Jalan Cendrawasih Raya No.1, Sawah, Ciputat, Sawah Lama, Ciputat, Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan yang dihadiri Kasubdit POR-Kemenkes RI, Drs.Heru Sunaryo, A.pt, Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinkes Provinsi Banten, Akhrul Aprianto, Kasie Farmasi dan Alkes Obat Publik dan Pengawasan Pangan Dinkes Tangsel, Indra Gunawan,S.Km, M.Si itu, merupakan kerjasama Kementrian Kesehatan RI dengan Anggota Komisi IX DPR RI, H.Irgan Chairul Mahfidz.

Mewakili, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Banten, dr.drg. Sigit Wardoyo, M.Kes, Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinkes Banten dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini sudah banyak tersedia fasilitas kesehatan antara lain105 Rumah Sakit, industri farmasi 67 sarana, apotek lebih dari 1.350 untuk memudahkan masyarakat beli obat.

Dalam paparannya, Anggota Komisi IX DPR-RI, Drs. H. Irgan Chairul Mahfiz, M.SI, karena Tingginya harga bahan baku obat di Indonesia, maka masuklah obat-obat murah dari luar kesini.

“Miliyaran dana digunakan untuk pemasokan obat di Indonesia, padahal banyak sekali tanaman-tanaman di Indonesia yang bisa di manfaatkan sebagai obat,” ucapnya.

Tetapi walaupun demikian, Irgan menganggap presentasi masyarakat mengenai kesadaran tentang menjadi sehat sudah tinggi.

“Dulu itu masih banyak sekali jenis Kaki X kaki O yang ditemukan, tetapi sekarang presentasinya sudah kurang. Karena kesehatannya yang terjaga,” ujarnya.

Ungkapan menjaga lebih baik dari pada mengobati memang hal yang cocok untuk mengumpamakan ucapan dari anggota komisi IX DPR-RI itu, bagaimana tidak, menurutnya ketika seseorang sudah merasakan sakit maka penyesalan karena tidak menjaga kesehatan barulah timbul.

“Kalau sudah sakit orang lain cuma bisa jenguk, kasih motivasi den semangat. Jadi nikmatnya orang sehat adalah ketika melihat orang lain sakit. Itulah pentingnya kesehatan kita,” tutupnya. (mam/yes)

Facebook Comments
torabika