Ratusan Polisi Dikerahkan Kawal Pilkades yang Rawan Konflik

SERANG – Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin mengaku, sudah melakukan pemetaan pelaksanaan pilkades di wilayah yang rawan terjadi konflik. Menurutnya, ada tujuh kecamatan yang dipantau secara khusus karena kerawanannya, yaitu Kramatwatu, Waringinkurung, Padarincang, Ciomas, Pabuaran, Gunungsari, dan Baros.

“Kita tentunya mempelajari potensi-pontensi konflik. Kami menyamaratakan, saat ini kami anggap semuanya rawan. Setiap potensi konflik harus kita pangkas dari sekarang,” ujar Komarudin saat ditanya potensi konflik pilkades di wilayah hukumnya, Rabu (15/11).

Komarudin menyampaikan hasil analisisinya itu saat hadir dalam penandatanganan pakta integritas pilkades damai yang berlangsung di Lapangan Tenis Indoor Pemkab Serang, Rabu (15/11/2017). Dalam kesempatan itu, disebutkan jumlah personil dari Polres Serang Kota yang akan diterjunkan mengamankan jalannya pilkades pada 26 November ini dan diikuti 33 desa serta 116 calon kepala desa.

“Untuk mengamankan 13 desa yang tersebar di wilayah hukum kami (Kramatwatu, Waringinkurung, Padarincang, Ciomas, Pabuaran, Gunungsari, dan Baros, red) kami kerahkan tidak kurang dari 480 personil dan nanti diperkuat dari jajaran kodim dan polda,” ucapnya.

Meski demikian, pengamanan juga membutuhkan partisipasi masyarakat Kabupaten Serang. “Tentunya ini membutuhkan peran serta dari seluruh elemen masyarakat,” tambahnya.(CON/TBI)

Facebook Comments
torabika