Pramuka Penggalang Putra SMPN I Cisoka Mengikuti Kemah Budaya Nasional.

[BbsNews.Co.Id] Pramuka Penggalang Putra SMPN I Cisoka Kabupaten Tangerang mewakili Propinsi Banten dalam ajang Kemah Budaya Nasional ke VIII tahun 2017. Kemah Budaya Nasional ini dilaksanakan dari  tanggal 16 Juli s.d 22 Juli 2017. Lokasi di Bumi Perkemahan  Palangka Kambanat Tuah Pahoe Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang H Hermansyah mengatakan prestasi yang dicapai pramuka penggalang SMPN I Cisoka ini merupakan kebanggan buat Kabupaten Tangerang, adik-adik ini akan mewakili Propinsi Banten. Untuk itu, adik-adik penggalang berikan yang terbaik selama mengikuti kegiatan kemah bakti tingkat nasional.

“Kalian adalah putra terbaik Kabupaten Tangerang mewakili Banten, jaga kekompakan dan menghargai peserta lainnya, silakan mengikuti semua kegiatan selama kemah budaya nasional, adik-adik akan berbaur dengan peserta dari seluruh Indonesia,” kata Hermansyah saat acara Halal Bilhalal bersama pengurus Kwarcab, Kwartir Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang, bertempat di Kitri Bakti Curug, 16 Juli 2017.

Kemah budaya nasional ini  merupakan perkemahan yang berorentasi pada penanaman  nilai-nilai kesejahteraan  dan nilai-nilai budaya bangsa, penghayatan sesuai makna Bheneka Tunggal Ika serta karakter kebangsaan untuk menciptakan ketahanan budaya aspek spirtial,  emosional.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Banten H. M Masduki mengatakan adik-adik yang mengikuti kemah budaya nasional tahun 2017 ini hasil lomba tingkat IV tahun 2017 yang dilaksanakan Kwarda Banten pada bulan April yang lalu, hasil lomba tersebut adik-adik Pramuka Penggalang Putra SPMN I Coska asal Kabupaten Tangerang meraih juara kedua, sedangkan yang meraih juara pertama mengikuti Raimunah di Cibubur tahun 2017.

Kegiatan kemah budaya nasional tahun 2017 ini, Kwarda Gerakan Pramuka Banten diwakili dari Penggalang putra Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang dan penggalang putra dari Kwarcab Kota Tangerang Selatan.

“Saya sangat bangga dengan prestasi yang di raih  adik-adik penggalang SMPN I Cisoka, apalagi penggalang putri raih juara pertama dalam lomba tingkat IV tahun 2017, dan akan mengikuti Raimuna nasional di Cibubur tahun 2017,” ujar Masduki

Masduki yang menetap di Tangerang ini melanjutkan, atas prestasi yang sangat membanggakan tersebut Cisoka bisa jadikan contoh dalam pembinaan adik-daik pramuka di Banten. Prestasi adik-adik penggalang baik putri dan putri SMPN I Cisoka sangat membanggakan, apalagi Cisoka bukan daerah perkotaan tetapi pembinaan pramuka sangat luar biasa dengan meraih juara pertama penggalang putri dalam lomba Tingkat IV dan Penggalang putra raih juara dua.

Ia lanjutkan, Kemah Budaya Nasional merupakan Kemah Budaya Nasional tahun 2017 ini merupakan pelaksanaan ke 8, dan diharapkan dapat menjadi wadah bagi Pembina pramuka penggalang agar mampu mengerti, memahami dan mengahayati keragaman budaya Indonesia serta menumbuhkan tekad untuk bersama-sama melestarikannya sekaligus sebagai wahana pendidikan karakter bangsa agar mampu menjadi generasi penerus yang handal pelestari NKRI.

Kegiata yang dilaksanakan di kemah budaya nasional yaitu upacara bendera, permainan persuadaraan, jumpa tokoh/Budayawan, Giat prestasi kesejarahan, permainan tradisioal dan Rekretif, festival kuliber nusantara, seni kriya (bahan daur ulang), napak tilas kesejarahan, penjelajahan budaya, karnaval budaya, lomba cerdas cermat, pengenalan saka, apresiasi budaya/pentas seni.

Selanjutnya kegiatan ajangsana kegiatan pelengkap seperti sosialisasi saka widya budaya bakti, bakti sosial/aksi pramuka peduli sesama dan lingkungan, gerakan literasi pramuka (membaca buku dan pemanfaatan  perpustakaan keliling Kota Palangkaraya, api unggun dan wisudah sebagai kegiatan penutup. (Hms Kwarcab/HR)