Pj Bupati Perintahkan Tarik Makanan Berbahaya

Guna memastikan seluruh makanan bebas dari bahan-bahan berbahaya, Penjabat Bupati Tangerang, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Banten, Dinas Kesehatan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang melakukan sidak ke sejumlah pasar yang ada diwilayah Kabupaten Tangerang, salah satunya pasar Curug, di Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Kamis (17/5/18).

PJ Bupati Tangerang, Komarudin mengatakan, semua makanan yang mengandung bahan berbahaya, harus ditarik dari peredaran agar tidak merugikan masyarakat.

“Kami sudah memerintahkan untuk menarik makanan yang mengandung zat berbahaya itu dari peredaran di pasaran,” kata Komarudin, Kamis (17/5/18).

Menurut Komarudin, para pedagang dan masyarakat perlu mendapatkan sosialisasi agar paham bahaya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat berbahaya, serta seperti apa bentuk makanan itu.

“Dampak mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat formalin dan bahan pewarna, akan berbahaya bagi kesehatan, terlebih jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka panjang,” ujarnya.

Komarudin menjelaskan, saat melakukan sidak di Pasar Curug, menemukan dua jenis makanan yang mengandung zat berbahaya berupa formalin dan bahan pewarna yang semestinya tidak digunakan dalam produk makanan.

“Kita menemukan makanan mengandung pewarna sintesis rodhamin-b pada pacar cina, dan formalin pada tahu,” pungkasnya. (mam/yes)

Facebook Comments
torabika