PENELITIAN TERBARU INI UNGKAPKAN BAHAYA ORAL SEKS OLEH PRIA PEROKOK

0

So, mau dengan pasangan syah, pasangan resmi, sehat, bebas PMS, atau telah “dikondisikan” sebelum “tempur” ternyata oral seks masih menyimpan bahaya besar, terutama bagi para perokok.

Dalam sebuah penelitian baru dari Dr Amber D’Souza, associate professor di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health diungkapkan bahwa pria perokok dengan aktivitas oral yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker kepala dan leher tepatnya kanker oropharyngeal (bagian tengah tenggorokan).

Pada tahun 2020, para peneliti memperkirakan bahwa kanker oropharyngeal akan menjadi masalah yang lebih besar daripada kanker serviks.

Amber menjelaskan: “Kebanyakan orang melakukan seks oral, fakta yang ditemukan bahwa infeksi HPV penyebab kanker jarang terjadi di antara wanita yang lakukan oral, terlepas dari seberapa banyak pasangan seks oral yang mereka punya. Adapun di antara pria yang tidak merokok, HPV oral penyebab kanker juga jarang ditemukan. Akan tetapi, infeksi HPV oral meningkat dengan jumlah pasangan seksual oral para perokok.”

Penelitian tersebut melibatkan 13.089 orang berusia antara 20 dan 69, yang telah diuji HPV oralnya.  Disebutkan pria perokok yang rutin oral seks membawa termin bahaya infeksi sebesar 15 persen, jauh dari rata-rata terinfeksi non perokok yang hanya 4-7 persen.***Ta (Ifl science)

 

 

Facebook Comments
torabika