Pendapatan Pajak Daerah Diyakini Bisa Lampaui Target

SERANG
Tren positif penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada triwulan pertama yang mencapai lebih dari 25 persen membuat Gubernur Banten Wahidin Halim optimis bahwa realisasi Pajak Daerah Tahun 2018 kembali akan melampaui target.

“Kalau pada triwulan pertama sudah mencapai lebih dari 25 persen berarti pada triwulan keempat juga akan lebih dari 100 persen. Kan begitu logikanya,” kata Gubernur Banten, Wahidin Halim kepada Tangerang Raya Media (TRM) di Serang.

WH mengakui berbagai terobosan yang dilakukan jajaran Badan Pendapat Daerah (Bapenda) Provinsi Banten memberikan pengaruh signifikan dalam peningkatan pendapatan daerah.

“Para Kepala OPD memang harus kreatif dan inovatif dalam menciptakan berbagai program dan terobosan guna meningkatkan kinerjanya. Kalau mereka bisa melakukan itu, pasti saya juga memberikan apresiasi,” tuturnya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Banten, Opar Sochari menyatakan realisasi 25 persen itu batu dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor. Belum dari BBNKB, Pajak Air Permukaan, Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor dan Pajak Rokok. “Kalau hitungannya dalam satu rupiah lebih kurang mencapai Rp 1,3 triliun,” kata Opar kepada TRM di Serang, Rabu (4/4).

Opar menuturkan sejumlah upaya dilakukan dalam rangka optimalisasi penerimaan pajak daerah. Diantaranya melakukan kegiatan intensifikasi melalui pengoperasian unit mobil Samsar Keliling ke tempat-tempat strategis, perumahan, kawasan industri yang menjadi wilayah kerja 11 UPT Bapenda pada 8 Kabupaten dan Kota di Banten.

“Kita juga berkerjasama dengan kepolisian dan jasa raharja melakukan razia kendaraan bermotor di ruas jalan nasional dan provinsi, serta berbagai upaya lainnya yang tujuan utamanya untuk menggenjot penerimaan pajak darah di Banten” katanya.

Opar menghibau kepada masyarakat sebaga wajib pajak untuk taat dalam membayar pajak. “Disarankan membayar pajak sebelum jatuh tempo, hal itu untuk mengindari denda dan mendukung percepatan pembangunan juga,” ucapnya. (imam)

Facebook Comments
torabika