PemKab. Tangerang Harus Tegas dengan Adanya Proyek Siluman.

[bbsnews.Co.Id] Pengerjaan proyek pemerintah tanpa memasang papan nama kegiatan disinyalir marak di Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang Provinsi  Banten. Praktik semacam ini membuka pintu terjadinya tindakan korupsi. Beberapa proyek yang sumber dananya dari uang rakyat yang di pungut dari pajak, namun  tidak ada papan nama kegiatan seperti proyek pembangunan Draenase, betonisasi dan paving blok di desa Pasir Gadung Rt.03/01 dan Dijalan pasir gadung pasir jaya kec. Cikupa.

Papan nama penting sebagai sarana masyarakat mengetahui jenis kegiatan proyek, besarnya anggaran, dan asal usul anggaran (APBD/APBN), nama kontraktor, tenggat waktu pelaksanaan kegiatan, dan perawatan. Papan nama proyek sebagai bentuk transparansi sekaligus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan pengawasan dan pencegahan terjadinya pencurian uang rakyat.

“Praktik seperti ini rawan korupsi. Ini mestinya harus jadi perhatian serius Pemkab. Tangerang,” kata Ketua DPD GWI Banten M. Ade Suhaedih.

Berdasar penelusuran Jurnalis BbsNews.Co.Id, proyek yang tanpa terpasang papan nama kebanyakan berjenis Penunjukan Langsung (PL) dengan nilai anggaran di bawah Rp200. Diduga, pengerjaan proyek tanpa papan nama sengaja dilakukan oleh oknum kontraktor. Hal ini dilakukan guna menutupi segala informasi terkait pelaksanaan proyek. Motifnya, menghindari adanya pengawasan berbasis masyarakat.

Pekerja Proyek Saat di taya Jurnalis BbsNews.Co.Id Mereka Tidak mengetahui siapa pemilik proyek tersebut, seakan menutup nutupi pemilik proyek tersebut.

“saya gak tahu, saya Cuma disuruh kerja saja sama bos” terangya pekerja proyek yang tidak menyebutkan namanya.

Praktik pengerjaan proyek tanpa pemasangan papan nama kegiatan ini terkesan sengaja dibiarkan oleh para pengawas dari instansi pemerintah terkait. Diduga, pembiaran telah lama berlangsung Sehingga para kontraktor pun terbiasa tidak memasang papan nama berisi informasi kegiatan proyek. Sampai Berita Ini diturunkan Pihak terkait tidak dapat di Konfirmasi(Tim)