Patut DiReplikasikan dan DiApresiasikan Daerah Lain, Inovasi Tangerang Live Room by Pemkot Tangerang

oleh
Yuddy Chrisnandi didampingi Walikota Tangerang, Walikota Arief Wismansyah,


PaparazyNews.NET – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Yuddy Chrisnandi didampingi Walikota Tangerang, Walikota Arief Wismansyah, saat berada di ‘Tangerang Live Room’,Senin (13/06) di Puspem Kota Tangerang, Banten.

Menteri Yuddy Chrisnandi, meminta agar pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota dapat mereplikasi inovasi yang dibuat oleh Pemerintah Kota Tangerang, yaitu Tangerang Live Room.

Dengan adanya inovasi ini, dirinya berharap seluruh wilayah dapat terpantau dari satu titik melalui aplikasi ‘SIGAP’, sehingga memudahkan pemantauan ketika terjadi suatu hal di masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Yuddy ketika meninjau Kantor Walikota Tangerang, yang disambut Walikota Arief Wismansyah, Kapolres Tangerang Kota Kombes Pol Irman Sugema, serta Dandim 0506 Tangerang Letkol Inf. Achiruddin.

Menurut Yuddy, inovasi seperti itu patut dicontoh oleh Provinsi Kota dan Kabupaten lain, karena melalui inovasi seperti Tangerang Live Room seluruh aktivitas di wilayahnya dapat terpantau.

“Ini bisa jadi role model, karena selain wilayah termonitor pada satu ruangan, Pegawainya pun termonitor, sehingga pelayanan publik juga makin baik,” katanya saat melakukan kegiatan safari ramadhan di Kantor Walikota Tangerang.

Ditambahkan, dengan pemantauan lewat aplikasi Sigap yang dimiliki Pemkot Tangerang dapat memonitor kondisi kota, baik dari Segi Sosial, Kebersihan, Kamtibmas ataupun yang lainnya.

Dengan demikian Aparatur pemerintah (ASN) punya respon cepat mengatasi permasalahan yang sedang terjadi dimasyarakat.

” Jadi kalau macet, Dinas Perhubungan tinggal lihat wilayah mana yang macet, kemudian kerahkan petugas kelapangan. Itu juga kan bisa menghemat pengeluaran,” ujarnya Menteri Yuddy.

Selain itu aplikasi ‘SIGAP’ dapat memantau langsung para aparatur di lapangan, dengan demikian produktivitas dan kinerja aparatur bisa dilacak dengan aplikasi tersebut.

” Dengan dapat dilacaknya pegawai di lapangan serta sistem absensi yang terkoneksi langsung dengan aplikasi ini, dapat meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat,” jelasnya Yuddy selaku Menteri PANRB.

Kota Tangerang, 14 Juni 2016
Penulis: Agus Yanto