Pantauan Udara, Jalur Mudik Pelabuhan Merak Aman Lancar

0

Seperti yang dilansir oleh detik.com pada Senin (11/06/18) Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Menko PMK Puan Maharani melakukan pemantauan udara jalur mudik ke arah Pelabuhan Merak. Kapolri mengatakan, sampai hari ini atau H-4 jalur tersebut masih aman dan lancar.

“Bahwa jalur Merak ke Bakauheni sampai hari ini aman dan lancar,” kata Tito di Merak, Cilegon, Banten, Senin (11/6/2018).

Tito mengatakan, berbeda dengan jalur mudik ke Jawa Timur, puncak arus mudik terjadi pada Jumat (8/6) sampai Minggu (10/6) lalu. Sehingga sampai hari ini, jumlah kendaraan semakin menurun. Termasuk di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, arus juga relatif normal.

Tapi menurutnya, ini berbeda dengan di Merak. Dari data yang disampaikan oleh pihak ASDP, baru 30% persen pemudik yang diangk menuju Bakauheni. Baik itu pemudik roda dua, roda empat dan pejalan kaki.

Ia memprediksi, puncak arus mudik di Merak terjadi mulai esok hari atau H-3 sampai H-1 Lebaran. Untuk antisipasi penumpukan jumlah penumpang, kepolisian bersama TNI dan pihak ASDP telah menyiapkan skenario terburuk.

Pertama, dermaga VI yang sebelumnya digunakan khusus motor akan dipecah arusnya. Roda dua akan disebar ke lima dermaga lain. Kedua, pihak ASDP akan memperpendek port time atau waktu loading dipercepat agar kapal tidak terlalu lama di pelabuhan.

“Jadi nggak lama di pelabuhan dan cepat bergerak ke lautnya,” katanya.

Terakhir, jika terjadi penumpukan sampai tol seperti tahun lalu, maka akan ada penguatan personel. Mulai dari ketersediaan toilet, tenaga kesehatan, ketersediaan BBM dan layanan kesehatan.
(mam/yes)

Facebook Comments
torabika