Mulai 2019, Malaysia Akan Punya Tim MotoGP

Malaysia akan memiliki tim di MotoGP mulai tahun depan. Tim tersebut nantinya menjadi pengganti Tech3 sebagai tim satelit Yamaha.

Tim bernama SIC Racing Team itu akan mengisi grid MotoGP mulai musim 2019 dengan mengambil alih Angel Nieto Team. SIC Racing Team, yang dimiliki oleh Sirkuit Internasional Sepang, saat ini telah berkompetisi di kelas Moto2 dan Moto3.

Seperti yang dilansir oleh detik.com pada Jumat (06/07/18) Yamaha telah mengonfirmasi tercapainya kesepakatan dengan Sirkuit Internasional Sepang, yang menjadikan SIC Racing Team sebagai tim satelit Yamaha selama tiga tahun mulai 2019.

“Yamaha Motor Co. dengan gembira mengonfirmasi penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Sirkuit Internasional Sepang. Dengan MoU antara Yamaha Motor Co. dan Sirkuit Internasional Sepang ini, tim akan menyewa motor Yamaha YZR-M1 untuk musim MotoGP 2019, 2020, dan 2021 sebagai tim satelit,” tulis Yamaha dalam pernyataan di situs resmi MotoGP.

SIC Racing Team akan menggantikan Tech3 sebagai tim satelit Yamaha. Tech3, yang menjadi tim satelit Yamaha selama 18 tahun, akan bergabung dengan KTM mulai 2019.

Sementara itu, Angel Nieto Team, yang dulu bernama Aspar, bergabung dengan MotoGP pada 2010. Tim ini pernah menjadi satelit untuk Ducati, Honda, dan Aprilia dan saat ini diperkuat oleh Alvaro Bautista dan Karel Abraham di jajaran pebalap.

Angel Nieto Team dibentuk oleh mantan pebalap Jorge Martinez ‘Aspar’. Martinez nantinya akan menjadi Sporting Advisor untuk SIC Racing Team.

Menarik dinanti siapa pebalap yang akan membalap untuk SIC Racing Team. Namun, tim tersebut kabarnya berencana merekrut Dani Pedrosa dan Franco Morbidelli.

Pedrosa sendiri akan mengumumkan keputusan soal masa depannya di MotoGP Jerman pada pekan depan. Setelah dipastikan meninggalkan Repsol Honda, pebalap Spanyol itu digosipkan akan bergabung dengan tim satelit Yamaha. Tapi, rumor lain menyebut ia akan pensiun.

(mam/yes)

Facebook Comments
torabika