Motivasi Petani, Pemkab Launching Beras Ciberang

0

Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) setempat melaunching beras Ciberang di sekitar Alun-alun Rangkasbitung, Minggu (11/2).

Kepala Distanbun Lebak Dede Supriatna mengatakan total beras yang disediakan saat launching ada sekitar 9 ribu kilogram lantaran keterbatasan tempat untuk menampung. Launching sendiri Sambung Dede dilakukan saat pelaksanaan Car Free Day berlangsung.

“Kita jual 11.200/ kilogram nya,” ujar Dede, Minggu (11/2).

Dede mengaku launching beras Ciberang ini bertujuan agat memberikan motivasi kepada petani di Kabupaten Lebak untuk lebih giat menanam padi sehingga bukan hanya bisa dijual padi yang ditanam oleh masyarakat juga bisa membantu pemerintah Kabupaten Lebak dalam memenuhi kebutuhan pangan.

“Selain kita bantu pasarkan, petani menanam padi juga bisa memenuhi target pangan , bahkan tahun lalu kita surplus terus,”akunya.

Sementara Sekretaris Distanbun Lebak, Rahmat Yuniar mengatakan launching yang dilaksanakan pada pukul 06.00 WIB hingga pukul 13. 00 WIB ini berhasil menarik simpati warga. Hal tersebut terbukti dengan ramainya stand Distanbun di areal CFD Alun alun Rangkasbitung.

“Alhamdulillah ramai, hingga pukul 8.00 WIb saja sudah ratusan Kilogram terjual bahkan akan mencapai angka 1000 kilogram,”katanya.

Kata Rahmat, Produksi beras Ciberang yang dikembangkan petani Kabupaten Lebak guna mendorong peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat.

Saat ini, produksi beras Ciberang bisa menembus pasar domestik karena memiliki kualitas yang baik. Benih beras Ciberang itu varietas unggul, seperti Ciherang, Mikongga, Inpari, dan Mira.

“Kami optimistis peluncuran beras merk Ciberang banyak diminati konsumen,” ujarnya.

Produksi beras Ciberang tentu tidak kalah dengan beras dari Cianjur, Jawa Barat. Kelebihannya, smabung Rahmat beras Ciberang memiliki aroma, rasanya pulen juga kadar gulanya tidak begitu tinggi.

Sebelumnya, beras Ciberang sudah dijual ke Pasar Cipinang Jakarta oleh kelompok tani.

Bahkan, permintaan pasar cenderung meningkat sehingga menyumbangkan pendapatan ekonomi petani.
Untuk diketahui, Distanbun Lebak menargetkan akan melaunching 500 ton beras Ciberang di awal tahun 2018 ini.

Facebook Comments
torabika