Mengenai Reklamasi Jakarta Dibahas Bersama Para Pakar dan LSM untuk MengKaji

0
Mengenai Reklamasi Jakarta Dibahas Bersama Para Pakar dan LSM untuk MengKaji


PaparazyNews.NET – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mempersilakan Para Pakar dan LSM mengkaji reklamasi teluk Jakarta.

Hal itu digelar di Forum Group Discussion (FGS) di Balaikota DKI, kemarin Sabtu (11/06) Jakarta. Hasilnya akan jadi masukan Pemprov DKI dan Pusat. Asal, kajiannya realisitis dan logis.

Dalam hal itu, Ahok mengatakan, “Saya ingin diskusi hari ini jelas. Misalnya, kalau mengatakan bukan warna hitam, harus bisa dijelaskan, mengapa? Kalau harus warna oranye, mengapa?” katanya saat membuka FGD.

Basuki mengaku akan menampung seluruh masukan dari para LSM, pakar, dan ahli mengenai reklamasi. Namun diharapkan masukan yang diberikan itu tidak menyesatkan masyarakat awam.

Ia mencontohkan, saat ini banyak masyarakat yang mengira rob terjadi karena adanya proyek reklamasi. Padahal hal itu terjadi karena daya tarik bulan, dan tidak hanya terjadi di Jakarta saja.

” Sampaikan apa saja, tapi harus ada solusi. Hari ini pertemuan untuk menentukan solusi,” tandasnya.

Dijelaskan, di dunia ini hampir tidak ada hal baru, Berbagai hal sudah dilakukan negara-negara maju. Termasuk reklamasi. Kita bisa meniru hal baik yang sudah pernah dilakukan orang di negara maju. ‘Istilah bahasa Inggrisnya best practice’,” kata Ahok.

Ahok menceritakan bahwa dirinya diberikan buku untuk cara mengatasi pencemaran laut, di dalam buku itu ada dua cara.

” Saya dikasih buku, untuk mengatasi laut yang tercemar, kata buku itu ada dua cara, yaitu: reklamasi atau tanami bakau. Tanami bakau supaya racunnya kesedot oleh bakau,” papar Ahok.

Baginya menjelaskan, Tanam bakau hanya bisa dilakukan di pantai yang dangkal. Sedangkan pantai utara Jakarta, sebagian besar pantai ada yang dalam.

Juga ahok melanjutkan, bahwa kalau pantai sedang, jika dibangun tanggul untuk menangkal permukan lautnya jadi naik akibat global warming. Permukaan laut naik disebabkan es di kutub utara dan selatan mencair akibat global warming. Sehingga rob masuk ke Jakarta utara.

” Nah… dipersilakan berdialog mencari solusi terkait reklamasi,” kata Ahok.

Ahok juga menantang siapa yang bisa menjamin bila reklamasi tidak dilakukan, Jakarta akan bebas banjir. Dirinya menganggap orang yang bersikukuh terhadap teori itu asal ngomong saja.

Hasil dari dialog tersebut akan ditanggapi oleh komite bersama penyelesaian masalah pantai utara Jakarta. Komite ini didirikan dari hasil rapat yang dilaksanakan Menko Maritim, Menteri LHK, KKP dan Gubernur Ahok.

Semakin hari semakin keras serangan untuk menggagalkan seorang Ahok maju lagi. Mungkin Ahok ancaman serius bagi politisi busuk negeri ini, mereka rame-rame bergandengan tangan, saling bertukar ide dan pikiran untuk merumuskan jurus yang tepat untuk memukul ahok, jurus2 yang mereka keluarkan selama ini satu pun belum berhasil memukul KO seorang AHOK.

Jakarta, 13 Juni 2016
Penulis: Yudi Morrison

Facebook Comments
torabika