Mantapnya Brasil dalam Catatan Pertemuan dengan Kosta Rika

Laga Brasil versus Kosta Rika akan dilangsungkan di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Jumat (22/6/2018) malam. Ini adalah pertandingan kedua untuk masing-masing tim yang menghuni Grup E itu.

Pada laga pertama, Brasil cuma memetik satu poin setelah ditahan imbang Swiss 1-1. Sementara itu, Kosta Rika kalah 0-1 dari Serbia.

Laga malam nanti adalah pertemuan ke-11 antara kedua tim. Dari sepuluh pertemuan sebelumnya, Brasil memenangi sembilan di antaranya.

Kosta Rika cuma sekali menang atas Brasil, itu pun sudah lama sekali, yaitu saat menang 3-0 dalam laga persahabatan pada Maret 1960.

Brasil dan Kosta Rika pernah dua kali bertemu di arena Piala Dunia. Brasil menang 1-0 di Piala Dunia 1990 dan 5-2 di Piala Dunia 2002.

Selain soal catatan pertemuan, berikut data dan fakta terkait laga Brasil vs Kosta Rika:

– Untuk pertama kalinya sejak 1978, Brasil gagal memenangi pertandingan pembuka di Piala Dunia. Di Piala Dunia 1978 tersebut, Brasil bermain imbang pada dua laga pertama.

– Brasil gagal menang dalam tiga pertandingan terakhirnya di Piala Dunia. Sebelum diimbangi Swiss, mereka dihancurkan Jerman 1-7 dan Belanda 0-3 di Piala Dunia 2014.

– Brasil baru sekali melalui empat laga tanpa kemenangan di Piala Dunia, yaitu pada 1974-1978.

– Brasil selalu kebobolan dalam enam pertandingan terakhirnya di Piala Dunia. Mereka tak pernah melalui tujuh pertandingan di Piala Dunia tanpa satu pun clean sheet.

– Sejak kalah 1-3 dari Hongaria di Piala Dunia 1966, Brasil tak pernah kalah pada pertandingan keduanya di Piala Dunia (menang sembilan kali, imbang tiga kali).

– Brasil kemasukan sepuluh gol dari 13 shot on target terakhir yang mereka hadapi di Piala Dunia.

– Kekalahan dari Serbia adalah kekalahan pertama Kosta Rika dalam enam pertandingan Piala Dunia (tak menghitung adu penalti).

– Terakhir kali Kosta Rika menelan dua kekalahan beruntun di Piala Dunia adalah pada 2006, saat mereka kalah pada tiga laga di babak penyisihan grup.

– Kosta Rika cuma sekali menang pada pertandingan keduanya di Piala Dunia, yaitu saat mengalahkan Italia 1-0 di Piala Dunia 2014.

– Kosta Rika cuma sekali mengalahkan tim Amerika Selatan di Piala Dunia, yakni ketika mengalahkan Uruguay 3-1 di Piala Dunia 2014.

– Kosta Rika cuma mencetak satu gol dari 31 percobaan terakhirnya di Piala Dunia.

(mam/yes)

Facebook Comments
torabika