Lulusan SMKN 9 Tangerang Dipastikan Siap Terjun Ke Industri Kesehatan

0

Lulusan SMKN 9 Kota Tangerang tak perlu khawatir untuk mendapatkan pekerjaan setelah tamat dari bangku sekolah. Pasalnya, lulusan SMK Kesehatan sudah diakui secara resmi terkait kompetensinya dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 80 tahun 2016.

H.Asep Riskanda, kepala SMKN 9 Kota Tangerang mengaku saat ini pihaknya tengah menerapkan program Cerdas, Terampil, Adaftif dan Kompetitif bagi siswanya.

“Kami sangat yakin dapat mencetak lulusan yang siap diterima pada industri kesehatan, penerapan cerdas disini bukan hanya siswa diwajibkan mendapatkan nilai sempurna, akan tetapi musti mampu memecahkan masalah,” katanya, Kamis (22/3) kemarin.

Ia menjelaskan, pihaknya mengarahkan peserta didiknya dengan memberikan sedikit rangsangan dengan pendekatan agar siswanya dapat mengekplorasi setiap permasalahan yang ditemuinya.

“Terampil itu bukan cuma terampil mengolah obat atau menangani pasien tetapi juga terampil di dalam menggunakan sumber daya yang anak – anak punya,”jelasnya.

Ia mencontohkan, disekolahnya para siswa SMK kesehatan yang mahir dalam memanfaatkan teknologi dapat menggunakannya untuk mengekplorasi kebisaaannya dengan fasilitas yang disediakannya.

“Kita bebaskan anak-anak menggunakan fasilitas yang kami punya untuk memberikan ruang kepada mereka berekplorasi dalam memaksimalkan fasilitas yang kita punya,”tukasnya.

Selain itu, peserta didik di SMKN 9 Kota Tangerang, menurutnya, terus ditanamkan jiwa adaftif sehingga mereka dapat beradaptasi dengan masyarakat.

“Dasarnya adaptasi di kami ada dua yakni komunikasi dan teknologi karna dimanapun anak anak berada dan mereka dapat menguasi ini saya sangat yaki mereka dapat beradaptasi dalam segala jaman,” tukasnya.

Ia menuturkan, menyiapkan siswanya untuk dapat bersaing pada dunia industri ia juga menerapkan program kompetitif yang didalamnya ada beberapa keahlian diluar jurusan yang telah dipilihnya.

“Ini diharapkan dapat menjadi nilai tambah saat anak anak nanti berada didunia kerja, untuk itu anak anak kami terus tekankan agar dapat melek IT, dan menguasai beberapa bahasa sehingga mereka dapat lebih kompetitif,”jelasnya.

Ia mengklaim meski demikian, pembinaan ahlak yang tidak kalah pentingnya, juga terus dikembangkan di SMK tersebut, sehingga selain mampu bersaing para peserta didik diharapkan dapat mampu menjadi pribadi yang berahlak mulia.

“Kita mempunyai suatu program yang diharapkan mampu menjadikan anak-anak berakhlakul karimah sehingga diharapkan saat anak anak nanti terjun di dunia kerja ahlak mereka akan terus terjaga,”tukasnya.

Sekolah yang berdiri pada 2010 silam tersebut, menurutnya telah menghasilkan lulusan yang mampu diterima pada dunia industri kesehatan dari tahun ke tahun sehingga dengan penerapan peningkatan mutu lulusan menjadi prioritasnya.

“Kita mulai tahun ini anak-anak sudah seluruhnya pagi, supaya mereka dapat memimili waktu yang panjang untuk kordinasi seluruh warga sekolah untuk membahas bagaimana pembinaan ahlak dan peningkatan kualitas anak-anak,” pungkasnya.(pedi)

Facebook Comments
torabika