Kujungan Ke Lebak , Jokowi Minta Proyek Bendungan Karian Selesai September 2019

0

residen Indonesia Jokowidodo minta mega proyek bendungan waduk karian di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Rangkasbitung harus selesai 2019. Proyek senilai Rp 1,07 triliun ini dikerjakan oleh Daelim Industrial Co, LTD bersama PT Wijaya Karya (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero)  rencananya dibangun  dengan luas area genangan sebesar 1.740 hektar dan mampu menampung 207,5 juta meter kubik air untuk mengairi Daerah Irigasi Ciujung seluas 22.000 hektar.

“ Kita targetkan semoga pertengahan september   2019 mendatang sudah bisa selesai ,” Ujar Jokowi ketika meninjau langsung proyek waduk karian tersebut , Selasa (4/10).

Saat ini kata Jokowi, progress pembangun waduk karian ini telah mencapai sekitar 47 persen. Bendungan ini juga, sambung Jokowi akan menyuplai kebutuhan air untuk kawasan perkotaan dan industri di Kabupaten Lebak, Tangerang Raya dan DKI Jakarta sebesar 9,1 meter kubik per detik.

“  Selain itu, bendungan ini juga akan memenuhi kebutuhan air baku untuk wilayah Serang dan Cilegon ,” Katanya.

Pembangunan bendungan Karian ini kata Jokowi  juga akan berdampak positif untuk peningkatan PAD dan kesejahteraan masyarakat setempat. Karena wilayah di sekitarannya juga akan menjadi tempat wisata air terbaru dan menjadikan wilayah Lebak lebih hijau.

”Jika sudah terbangun, Bendungan Karian akan memiliki potensi pembangkit listrik kira-kira 1,8 Megawatt, dan pasti akan menjadi destinasi wisata baru yang banyak dikunjungi. Dengan jalan masuk yang bagus bisa berkembang menjadi tempat wisata,” Katanya.

Kunjungan orang nomer satu di Indonesia ke Lebak ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan kunjungan kerjanya di Banten . Presiden dengan didampingi ibu Negara Iriana Jokowi berserta rombongan tiba dilokasi bendungan karian sekitar pukul 10.15 Wib , disambut oleh Menteri PUPR Hadi Muljono ,  wakil Gubernur Banten Andika Hajrumi , Bupati  dan Wakil Lebak Iti Octaviia Jayabaya dan Ade Sumardi,  Muspida serta sejumlah pejabat dilingkungan Pmekab Lebak. Usai mendapat penjelasan dari Menteri PUPR, Jokowi langsung melakukan peninjuan lapangan. Setelah berkunjung ke Kabupaten Lebak, Presiden bersama rombongan dijadwalkan akan berkunjung ke Kabupaten Pandeglang untuk bertemu dengan petani Embung di wilayah Pandeglang (Jali)

Facebook Comments
torabika