KPU Tetapkan 1.037.369 DPS untuk Pilkada Kota Tangerang

 KPU Kota Tangerang melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemuktakhiran (DPHP) menjadi Daftar Pemilih Semenrara (DPS) Untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Tahun 2018, Jumat (16/3/2018)

Dari rapat tersebut dihasilkan jumlah pemilih sementara untuk pilkada Kota Tangerang sebanyak 1.037.369 pemilih dengan 519.609 pemilih laki-laki dan 518.300 pemilih perempuan.

Jumlah itu didapat dari hasil tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan di seluruh kelurahan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih ( PPDP) yang berlangsung 20 Januari hingga 19 Februari 2018 lalu.

“Itu data daftar pemilih sementara yang dibacakan oleh masing-masing PPK,” ujar Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi, usai pelaksanaan rapat yang berlangsung di Hotel Narita, Cipondoh.

Sanusi mengatakan, bahwa jumlah pada DPS mengalami pengurangan  dari jumlah pemilih yang diserahkan sebelumnya oleh KPU pusat yang berjumlah 1.131.589 pemilih.

Jumlah  DPS  itu juga masih dapat  berubah. Sebab mulai tanggal 24 Maret hingga 2 April 2018 mendatang akan dilakukan sosialisasi kembali di tempat-tempat umum. Ini untuk memberi kesempatan pada warga yang memenuhi syarat memilih pada pilkada tetapi belum terdaftar sebagai pemilih dalam Pilkada Kota Tangerang.

Sementara untuk Tempat Pemungutan suara (TPS), KPU Kota Tangerang sudah menetapkan sebanyak 3.091 TPS di seluruh Kota Tangerang untuk Pilkada Kota Tangerang  yang diagendakan berlangsung pada hari Rabu 27 Juni 2018 mendatang.

Sementara itu, dari seluruh tahapan Pilkada yang telah dilaksanakan KPU sendiri dinilai  Panwaslu Kota Tangerang berlangsung baik.

Meskipun dalam rapat pleno tersebut,  Panwaslu Kota Tangerang sempat  melakukan konfirmasi beberapa laporan yang diterima dari anggotanya yang mengawasi pelaksanaan Coklit di lapangan.

“Anggota Pengawas Lapangan kami menemukan beberapa perbedaan data pemilih dengan petugas PPDP saat Coklit, tapi di sini sudah kita selesaikan dengan baik,” jelas Agus Muslim, Ketua Panwaslu Kota Tangerang.

Rapat Pleno Terbuka itu sendiri selain dihadiri seluruh Komisioner KPU dan Panwaslu Kota Tangerang, juga dihadiri Pjs Walikota Tangerang, M Yusuf, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang Erlan Sunarlan

Tampak hadir pula tim Pemenangan pasangan calon Arief R. Wismansyah – Sachrudin, pimpinan partai politik dan pendukungnya.(Pedi Sukurin)

Facebook Comments
torabika