Komplotan Penyebar Surat Berharga Fiktif Dibekuk Polisi

0

Bbsnews, Tangerang – Lima komplotan pelaku penipuan diringkus jajaran sat reskrim Polres Metro Tangerang Kota di daerah Bogor setelah melakukan observasi dan pengintaian di satu rumah yang sebagai tempat berkumpulnya para pelaku.

Modusnya, para pelaku membuat surat berharga fiktif (berupa cek bank) dengan nilai hingga milyaran rupiah serta undian berhadiah sepeda motor. Dalam menjalankan aksinya para pelaku menyebarkan selebaran amplop dilingkungan perumahan dan pekantoran.

Kapolresto Tangerang Kombes Pol Harry Kurniawan, S.IK.MH mengatakan, kelima orang pelaku tersebut yakni, AM (34), AN (23), AS (42), HM (26) dan SA (27). Dalam aksinya mempunyai peran sendiri-sendiri, AM menyediakan Siup dan mengambil membagi bagikan hasil transferan, SA berperan sebagai mengatur percakapan, sementara AN, AS dan HM bertugas sebagai penyebar Amplop yang berisikan Dokumen Fiktif,
Kamis (11/10/2018).

Kelima Komplotan pelaku modus penyebar surat berharga fiktif

Berawal dari adanya laporan korban yakni, Nurhayati (40) dan Samsuri (43), keduanya beralamat di Wilayah Kedaung Wetan, Neglasari Kota Tangerang yang mengaku menemukan Amplop bertuliskan Dokumen penting yang bercecer di depan rumahnya, kemudian pelapor membuka amplop yang berisikan surat berharga milik PT Mahakam berupa Cek Bank Danamon senilai Rp. 4,7 M dan selembar Siup.

Setelah itu, korban menelpon ke nomor handphone yang tertera di Siup, lalu melakukan percakapan antara pelaku dan pelapor.

“Dari percakapan itu, pelaku menjanjikan akan memberikan hadiah sebagai ucapan terima kasih sebesar 280 juta, maka digiringlah korban untuk bertransaksi melalui ATM, korban pun menuruti saja perintah pelaku sehingga korban mentransfer uang sebanyak 4 kali dengan total Rp. 10.396.300,-,” ucap Kapolres Harry Kurniawan didampingi Kasat Reskrim AKBP Deddy Supriadi dan Kasubbag Humas Polresto Tangerang Kompol Abdul Rachim saat menggelar konfersi pers di loby Polres Metro Tangerang Kota.

Merasa sadar tertipu, korban pun mendatangi kantor polisi untuk mencari pelakunya. Atas laporan tersebut, polisi langsung menyelidiki nomor rekening bank swasta yang tertera dalam cek palsu yang disebar. Selanjutnya Tim Resmob pimpinan AKP Yulies A Pratiwi melakukan pengejaran dan berhasil meringkus kelima pelaku tersebut.

“Kini kelima pelaku beserta barang bukti diamankan di Mapolres Metro Tangerang Kota guna pemeriksaan lebih lanjut,” tukas Kapolres.

(aris)

Facebook Comments
torabika