Kemenhub Revitalisasi Terminal Merak

CILEGON  – Dermaga VI Pelabuhan Merak yang sedang diupgrade menjadi Dermaga Eksekutif atau Premium akan terintegrasi dengan Terminal Terpadu Merak (TTM). Untuk mensejajarkan itu, Kemenhub lewat Badan Pengelola Transportasi Darat Wilayah VIII Provinsi Banten mulai merevitalisasi TTM.

Kepala BPTD Wilayah VIII Banten,  Jhonny Siagian mengatakan, sebagai  terminal tipe A, seluruh pelayanan di TTM akan dibenahi. Hal itu tidak lepas dari dibangunnya Dermaga VI Pelabuhan Merak menjadi dermaga premium. Selain itu, TTM juga akan dijadikan salah satu terminal percontohan (pilot project) dari 16 terminal tipe A lainnya di Indonesia.

“Kami dari BPTD akan mengitegrasikan terminal dengan dermaga premium,  artinya akan bersama-sama mengembangkan transportasi di merak.  Sekarang ini, kita sedang membenahi diri untuk meningkatkan pelayanan di terminal merak.  Salah satunya,  terminal merak yang tipe A ini,  akan dijadikan pilot project dari 16 terminal yang diprioritaskan penataanya,” papar Jhony, Selasa (14/11/2017).

TTM secara langsung akan diintegrasi dengan dermaga premium, salah satunya menyediakan gangway khusus bagi penumpang bus yang ingin menggunakan dermaga premium di Pelabuhan Merak.  Dengan begitu, penumpang diberikan pilihan untuk memilih menyeberang di Pelabuhan Merak dengan tarif ekonomi (normal)  atau tarif khusus di dermaga premium.

“Keterlibatannya (TTM dan Dermaga Premium, red) dalam hal terkait dengan penyerahan desain. Kemudian juga ada  keterpaduan terminal merak dan dermaga premium. Nanti akan ada gangway,  dilantai dua yang menyatu dari terminal merak ke dermaga premium.  Jadi nanti (penumpang, red) busnya mau ke dermaga premium, maka akan kena tarif premium,” urainya.

Untuk merealisasikan itu, masih kata Jhonny, pihaknya telah memulai langkah awal pembenahan lewat menata kembali fungsi dari TTM. Gedung yang sebelumnya pada lantai satu ditempati pedagang, mulai ditata kembali dan difungsikan untuk ruang tunggu penumpang. Begitupun pada lantai dua,  nanti akan ditata menjadi kantor BPTD dan ruang tunggu penumpang bus yang akan ke Pelabuhan Merak.(CON/TBI)

Facebook Comments
torabika