Kapolri Apresiasi Langkah Kakorlantas Urai Kepadatan Arus Mudik Tahun 2018

Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian mengapresiasi kinerja Kakorlantas Polri
Irjen Pol. Royke Lumowa dengan aparat terkait yang turun langsung melakukan pengamanan kelancaran arus mudik tahun 2018.

Hal tersebut diungkapkan Kapolri saat melakukan evaluasi kerja kondisi pengamanan dan kelancaran Arus Mudik 2018 bersama Kakorlantas dan Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi di Posko Terpadu Cikopo, Jum’at (22/6/2018).

“Saya apresiasi kinerja kakorlantas dan pihak terkait atas pengaman arus mudik tahun ini, saya melihat sendiri rekan-rekan bekerja keras, dari pagi sampai malam,” ujarnya.

Dimana puncak arus mudik terjadi dalam dua kali. Pertama cuti bersama yang jatuh tanggal 13-14 Juni dua hari sebelum lebaran. Lalu pemerintah memanjangkan dua hari sehingga cuti bersama dimulai dari tanggal 11 Juni. Hal ini juga salah satu upaya mengurai kemacetan.

“Dengan diperpanjangnya libur cuti Lebaran, sehingga puncak arus mudik terjadi pada tanggal 13 Juni. Kita melihat memang arus mudik sudah terjadi dari tanggal 8,9, dan 10 Juni. Dimana sudah 62% kendaraan yang keluar pada saat itu, namun tidak adanya kepadatan yang berarti,” ucapnya.

Meningkatnya kepadatan yang terjadi pada H-2 kemarin, disebabkan adanya arus pemudik yang datang secara bersamaan. Ditambah lagi banyak karyawan swasta yang baru libur pada 12 Juni.

Sehingga untuk mengurai kepadatan yang terjadi di beberapa titik ini, korlantas bersama pihak terkait sengaja membuka one way traffic yang dimulai dari KM 53 Cikampek – KM 268 Brebes Exit Timur.

“Tindakan yang diambil Kakorlantas sangatlah tepat dalam mengurai kepadatan di beberapa titik kemaren, yaitu One Way Traffic sejauh 240 Km dari cikarang hingga Jawa Tengah, ini sangat membantu apa lagi rest area dapat digunakan di kanan kiri jalan,” lanjut Kapolri.

Kapolri melihat secara umum, Arus Mudik tahun 2018 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya relatif lebih lancar apa lagi dari tahun 2016 kebawah. Tahun ini terlihat hanya beberapa titik saja perlambatan yang terjadi.

“Saya ucapkan terimakasih kepada rekan rekan, baik dari Mabes Polri, jajaran Polda Jawa barat, Jawa Tengah dan Polda banten atas usaha yang sudah dilakukan secara maksimal pada arus mudik 2018 ini,” tukasnya.(mam/yes)

Facebook Comments
torabika