Jelang Ramadhan Warga Sumur Pacing Bersih-bersih Lingkungan

0

Menyambut bulan Ramadhan selain bersih-bersih masjid, warga Kelurahan Sumur Pacing juga melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan. Kegiatan rutin yang memang dilakukan setiap menjelang puasa, melibatkan warga baik dari kalangan orangtua, pemuda, hingga remaja.

Diharapkan dengan kegiatan tersebut masyarakat tidak melupakan budaya gotong royong yang memang menjadi ciri bangsa ini. Kerja bakti sudah berlangsung dari tahun ke tahun dan menjadi tradisi, karena dengan suasan masjid dan lingkungan yang bersih warga dapat menunaikan ibadah juga lebih khusyuk.

Lurah Sumur Pacing Sumangku menjelaskan, memang setiap tahun menjelang bulan suci Ramadhan seluruh warga Sumur Pacing bersama-sama, melakukan kerja bakti masal membersihkan masjid, mushola dan lingkungan.

“Kegiatan ini sendiri murni dari inisiatif warga, karena bulan suci Ramadhan bukan hanya mensucikan diri dari berbagai kelakuan yang tidak baik, tetapi juga membersihkan tempat ibadah dan lingkungan. Karena kalau semuanya bersih kita melakukan ibadah puasanya juga enak,” jelas Lurah berjiwa seni ini.

Anjar, salah seorang warga yang turut ikut bergotong royong mengutarakan, kerja bakti ini kegiatan yang cukup positif untuk menumbuhkan kembali rasa kekeluargaan antar warga di Kelurahan Sumur Pacing.

“Sekarang ini, kita sudah agak jarang kumpul-kumpul. Warga juga bakal menghidupkan kegiatan-kegiatan lainnya agar lingkungan kita tidak tertinggal oleh warga di lingkungan yang lain,” katanya. (mam/yes)

Facebook Comments
torabika