Jelang 17-an, Anak SD di Serang Bersihkan Bendera Merah Putih

Puluhan anak sekolah khususnya di SD 4 Kota Serang melakukan ritual tahunan pembersihan bendera merah putih. Ritual tahunan ini dilakukan menjelang HUT Republik Indonesia di bulan Agustus.

Sebelum ritual pembersihan, para guru sebelumnya bercerita mengenai perjuangan para pahlawan bangsa. Bicara mengenai perjuangan kemerdekaan yang direbut secara susah payah.

Dikutip dari detik.com (08/08/18) Para siswa juga diajarkan bagaimana menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Demi menjaga persatuan, mereka diminta saling hormat-menghormati terhadap anak bangsa.

“Ini untuk mengingatkan para siswa untuk perjuangan para pahlawan. Dulu betapa susahnya para pejuang ingin mengibarkan bendera merah putih,” kata seorang guru Nana Mulyana di hadapan para siswa, Kota Serang, Banten, Rabu (8/8/2018).

Lewat pembersihan bendera dan atribut lain untuk perayaan HUT RI, setiap tahun menurut Nana dibersihkan oleh para siswa. Khusus bendera, para siswa kelas 5 dan 6 bekerja sama membersihkan bendera untuk digunakan pada setiap upacara.

“Ini untuk menanamkan pada jiwa anak-anak untuk cinta bangsa dan tanah air,” ujarnya.

Aliya, siswa kelas 6 mengaku semangat saat ada ritual pembersihan bendera merah putih. Selain diajarkan kerja sama, siswa juga diingatkan mengenai perjuangan yang dilakukan para pahlawan bangsa untuk merebut kemerdekaan.

“Iya ini setiap tahun pas mau tanggal 17 Agustus. Ini untuk mengenang perjuangan para pahlawan,” ujarnya.

(mam/yes)

Facebook Comments
torabika