Jangan Lupa Sarapan! Ini 5 Alasan Pentingnya

Sering disebut sebagai makanan terpenting harian, masih banyak orang tak sarapan. Padahal sarapan punya 5 manfaat istimewa ini.

Seperti yang dilansir oleh detik.com pada Selasa (10/07/18) Tak sekadar mengisi perut di pagi hari, sarapan memiliki banyak manfaat kesehatan. Bahkan bagi mereka yang ingin mengontrol berat badan, sarapan justru sangat dianjurkan. Dikutip dari The Health Site (9/7), ini keuntungan dari rajin sarapan bernutrisi.

1. Mengontrol berat badan
Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition mengungkap partisipan berusia di bawah 60 tahun yang mengasup kalori harian terbanyak dari sarapan, memiliki Indeks Massa Tubuh lebih rendah. Mengisi perut di pagi hari juga membuat kenyang lebih lama sehingga keinginan ngemil di siang hari berkurang. Bahkan bisa menurunkan risiko makan berlebih di jam makan siang maupun makan malam.

Hanya saja menu sarapan perlu diperhatikan. Hindari memilih menu tinggi gula. Pilih sajian tinggi serat yang menyehatkan seperti oatmeal. Sebuah penelitian dalam The Annals of Nutrition and Metabolism mengungkap ketika seseorang sarapan oatmeal, bukan sereal tinggi gula, mereka mengonsumsi kalori 31% lebih sedikit saat jam makan berikutnya.

2. Menjaga kadar gula darah
Ada banyak penelitian yang menunjukkan saat seseorang menghindari sarapan, ia justru rentan terkena diabetes tipe 2 dengan memicu resistensi insulin kronis. Temuan ini juga dilaporkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition baru-baru ini.

3. Sehatkan jantung
Siapa sangka rutin sarapan bisa menyehatkan jantung. Penelitian dalam Circulation telah membuktikan pria yang melewatkan sarapan memiliki risiko 27% lebih tinggi terkena serangan jantung, bahkan penyakit jantung lainnya dibanding jika sarapan rutin.

4. Cegah inflamasi
Manfaat lain dari sarapan adalah mencegah inflamasi atau peradangan, menurut American Journal of Nutrition. Peneliti menemukan saat seseorang melewatkan sarapan, risiko terkena inflamasinya justri bertambah. Begitu juga dengan risiko obesitas dan diabetes. Kalau tak mau repot siapkan sarapan namun dengan menu tetap sehat, yogurt dengan irisan buah bisa jadi pilihan.

5. Menguatkan fungsi koginitif
Berbagai penelitian menunjukkan rajin sarapan dengan menu sehat bisa meningkatkan fungsi kognitif lewat meningkatnya daya ingat dan penalaran logis. Temuan Physiology & Behavior juga mengungkap anak yang rajin sarapan tampil lebih baik dibanding yang tidak. Menu sarapan yang dimaksud bukanlah sereal tetapi semangkuk oatmeal kaya nutrisi.

(mam/yes)

Facebook Comments
torabika