Ini Tips Bikin Ayam Taliwang Pedas Manis Pakai 3 Jenis Cabe dan Kecap ABC

Sajian ayam Taliwang khas Lombok mudah dibuat sendiri di rumah. Yang ini versi pedas manis karena ditambahkan kecap dalam bumbu halusnya.

Seperti yang dilansir oleh detik.com pada Kamis (12/07/18) Ayam Taliwang dari Lombok terkenal dengan rasa pedas menggigitnya. Membuatnya juga agak rumit karena secara tradisional ayam Taliwang dibakar memakai
api arang.

Namun ayam Taliwang juga bisa dibuat sendiri memakai kompor dan panggangan. Resepnya juga bisa disesuaikan dengan sedikit sentuhan rasa manis dari pemakaian kecap.

Foto: detikfood

Resep ayam Taliwang pedas manis ini diungkap Chef Gerry Girianza dan Chef Aga Alvian dalam rangkaian Eksploresep by Kecap ABC di Lombok (11/7). Keduanya sedikit memodifikasi resep ayam Taliwang agar lebih mudah dibuat di rumah.

“Bahannya sederhana. Bawang merah, bawang putih, gula merah, kemiri, kunyit, santan dan 3 jenis cabe yang pedasnya mantap,” kata Chef Gerry pada detikFood (11/7). Chef Gerry memadukan cabe merah, cabe keriting dan cabe rawit domba sekaligus.

Sementara itu, penambahan kecap ABC menghadirkan rasa unik. “Ayam Taliwang kan memang pedes banget, cuma nggak semua orang Indonesia suka pedes yang pedes banget. Dengan pakai kecap ABC rasanya jadi sedikit manis. Jadi agak balance,” tambah chef yang sering mengunggah video di YouTube ini.

Foto: detikfood

Untuk membuatnya, Chef Aga memberikan sejumlah tips. “Pakai ayam kampung lebih enak, lebih empuk dagingnya. Abis dibikin bumbu halusnya bisa diungkep dulu ayamnya supaya lebih empuk, bumbunya meresap ke dalam. Habis itu baru dibakar,” ujarnya mengawali pembicaraan.

Chef Aga juga merekomendasikan pemakaian api kecil saat memanggang ayam Taliwang di kompor. “Ini supaya benar-benar matang karena kan pakainya ayam utuh,” katanya.

Foto: dok. detikFood

Pemanggangan ayam Taliwang memakan waktu sekitar 25 sampai 30 menit per ekor ayam. Chef Aga menambahkan, “Kalo nggak diungkep paling nambah 10 menit lebih lama.”

Ia juga mengingatkan agar memanggang ayam Taliwang di kompor dengan lebih teliti. “Kalau pakai arang kan panasnya merata. Kalau di kompor masaknya sedikit lebih tricky aja. Makanya harus dibolak-balik,” tutup chef atletis ini. (mam/yes)

Facebook Comments
torabika