Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Traveling Ke Thailand

0

Thailand, salah satu negara di Asia Tenggara yang menjadi destinasi favorit para pelancong dari berbagai negara, nggak terkecuali dari Indonesia. Nggak hanya menawarkan kebudayaan yang unik dan tempat wisata yang mengagumkan, negara beribukota Bangkok ini terkenal dengan biaya perjalanan yang cukup terjangkau. Dikutip dari popbela.com (21/09/18) Mulai dari tempat penginapan, akomodasi dari satu tempat ke tempat lain, dan harga-harga produk yang murah. Karena alasan ini juga, negara ini menjadi incaran turis bergaya backpacker.

Berencana pergi ke Thailand, Bela? Sebelum membeli tiket dan menuliskan hal-hal yang igin kamu lakukan, ketahui beberapa hal penting berikut:

1-93d29d9e8af823a6230526c706442c2b.jpg

Melansir dari The Culture Trip, berkunjung dan mencoba atraksi binatang di Thailand jadi kegiatan yang wajib dilakukan kebanyakan turis, seperti menaiki gajah, mengunjungi kuil macan, berfoto bersama monyet, dan sebagainya. Namun sayangnya, ini nggak disarankan untuk kamu lakukan. Sebab, banyak sekali wisatawan yang nggak sadar kalau binatang-binatang itu nggakdiperlakukan dengan baik dan terlantar. Pastikan kamu mencari tahu etika yang sopan kala berinteraksi dengan kehidupan alam liar.

2-68d31cf1e64c025748f02efa2d39368c.jpg

Sekitar 300ribu anjing berkeliaran dengan bebas di kota besar di Thailand, dan masih ada banyak lagi di kota-kota lainnya. Ini berarti, kamu akan sering bertemu dengan binatang menggemaskan ini, namun kondisi mereka nggak terawat. Sebagian dari mereka ada yang terluka, memiliki penyakit menular, kotor, dan kondisi lain yang memprihatinkan. Penduduk lokal sering menyediakan makanan dan air untuk binatang jalanan ini, namun itu belum cukup untuk merawat jumlah yang begitu banyak. Kalau sedang berwisata di sana, coba beri perhatian dengan mereka.

3-71dcdc6e5fbe5fa405b5440916837a3e.jpg

Ada banyak pantai yang dengan monyet berkeliaran bebas di area itu. Binatang ini lucu, pintar, dan menarik untuk dilihat lebih dekat. Namun, bukan berarti kamu harus memberi makan mereka, Bela. Memberi makan mereka hanya akan membuat binatang ini menjadi manja dan menurunkan kemampuan alamiahnya untuk mencari makan sendiri. Lebih jauh lagi, monyet-monyet itu akan berusaha mendekati manusia untuk mengambil barang-barang yang dibawa, seperti tas dan makanan. Kemudian, akan membuat mereka menjadi binatang yang membahayakan. Nggakmau, bukan?

4-b67f881c0d9223f3d8cc1b5aa50c34cd.jpg

Menawar saat berbelanja di Thailand dapat jadi kegiatan yang menyenangkan. Kalau pergi ke Chatuchak Weekend Market, kamu dapat menawar serendah mungkin! Jika suatu barang nggak memiliki label harga, kamu dapat menawar lebih rendah dari angka yang disebutkan penjualnya. Jika sang penjual menunjukkan sikap kurang nyaman atau kurang ramah dalam melayanimu, cukup berpindah ke toko lain.

5-b0c78322c69c566ef3a29fc0bdb3ee7c.jpg

Salah satu hal yang membuat petualangan di Thailand jadi kurang menyenangkan adalah serangan serangga. Nggak hanya gatal-gatal, terkadang efeknya bisa lebih buruk seperti terkena virus. Jadi, pastikan membawa semprotan serangga selama jalan-jalan di negara itu.

6-b09bcee8955db7bf595ca1ec999b00e3.jpg

Kalau supir taksimu mengatakan tempat wisata tujuanmu tutup dan menawarkan diri membawamu ke tempat lain, ada kemungkinan ini sebuah tipuan. Kalau mereka nggak menggunakan argometer, tanyakan alasannya. Seringkali, wisawatan asing terlihat mudah dibohongi dan penduduk lokal mengambil kesempatan ini untuk mengelabuinya. Untuk menghindari mengalami hal ini, lakukan riset soal tempat tujuan, biaya perjalanan, harga tiket, dan lainnya. Jangan ragu untuk membawa peta. Pelajari beberapa kata dalam bahasa Thailand. Namun, jangan sampai peringatan ini membuatmu jadi selalu curiga pada warga di sana, ya. Tentu, ada juga yang baik hati serta jujur, kok.

7-71126bef78d4d1fff26b99268e9df69e.jpg

Selama jalan-jalan di Thailand, nggak ada salahnya untuk selalu sedia tisu toilet sendiri. Beberapa kamar mandi menggunakan toilet jongkok dan masyarakat sana menggunakan “bum guns” sebagai pengganti tisu toilet. Kalau kurang terbiasa, membawa peralatan kebersihan pribadi jadi penyelamatmu selama berada di sana.

8-4b454f62c264ec664b915010b712572c.jpg

Kamu akan sering mendengar kalimat “Mai pen rai” selama bertualang di Thailand. Kalimat itu berarti “Semua akan baik-baik saja” atau “Jangan khawatir” dan akan sering dikatakan ketika terjadi sesuatu yang salah. Namun lebih dari itu, “Mai pen rai” adalah representasi sempurna yang menggambarkan Thailand sepenuhnya. Sebab, orang-orang dari negara itu sangat ramah, dan penuh keragaman. Mumpung lagi di sana, mengapa nggak mencoba sikap mai pen rai itu sendiri, Bela?

Dengan mengetahui 8 hal ini, maka kamu sudah mempersiapkan dirimu untuk memulai petualangan seru di Thailand! (mam/yes)

Facebook Comments
torabika