Gudang DVD Bajakan Digerebek

TANGERANG
Sebuah gudang di Jalan Raya Perancis, Kosambi, Tangerang digerebek polisi. Pasalnya, gudang yang diketahui milik PT Rajawali itu, diduga memproduksi VCD dan DVD bajakan dengan kapasitas produksi hingga puluhan ribu keping per hari.

“Dalam gudang tersebut ditemukan lebih dari puluhan ribu VCD atau DVD yang diduga memang digandakan di tempat ini,” kata Kapolres Metro Tangerang, Kombes Harry Kurniawan kepada wartawan, Selasa (27/3).

Harry menjelaskan, pengungkapan itu berawal dari laporan masyarakat yang melihat adanya mobil yang mengangkut DVD dari gudang tersebut beberapa hari lalu. Dengan berbekal informasi itu, kemudian Mapolres Metro Tangerang menerjunkan Tim Elang Cisadane ke lokasi, pada Senin (26/3) siang.

“Sebanyak 6 orang telah kita periksa dan dimintai keterangan, di antaranya adalah yang mengemudikan kendaraan dari hasil produksi yang akan dipasarkan di wilayah Jabodetabek,” ungkapnya.

Polisi juga melakukan penyelidikan terkait izin yang dikantongi gudang tersebut. Dari hasil pemeriksaan sementara, gudang tersebut sudah beroperasi selama 2 bulan.

“DVD ini berbagai macam model, ada yang berbentuk film ada juga karaoke, tergantung pesanan. Menurut keterangan dari pekerjanya, bisa memproduksi sampai 5 ribu hingga 10 ribu per hari,” bebernya.

Saat ini polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap pekerja lainnya yang berada di gudang saat dilakukan penggerebekan.

“Mereka dapat dikenakan melanggar Undang-undang Perlindungan Konsumen dan Undang-undang Hak Cipta,” tegasnya. (pedi)

Facebook Comments
torabika