Gangguan Mesin, Garuda Tujuan Singapura Balik ke Soekarno-Hatta

Seperti yang dilansir oleh detik.com pada Jumat (08/06/18) Pesawat maskapai Garuda Indonesia yang sudah lepas landas menuju Singapura terpaksa kembali ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Penyebabnya ada gangguan mesin.

“Benar. Dalam perjalanan penerbangan, ada panel di kokpit yang menunjukkan bahwa bagian mesin perlu pemeriksaan lebih lanjut,” kata Senior Manager Public Relation Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan, kepada detikcom, Jumat (8/6/2018).

Pesawat itu bernomor penerbangan GA-832. Pesawat itu lepas landas pada pukul 05.22 UTC atau pukul 11.22 WIB. Pesawat membawa 161 penumpang, yang terdiri atas 135 penumpang dewasa, 14 anak-anak, dan 7 bayi.

Saat pada posisi menuju 8 ribu kaki di udara, pilot mengidentifikasi terjadinya gangguan mesin pertama. Pilot kemudian mematikan mesin. Mesin tak dapat dinyalakan kembali.

Dia menjelaskan ada bagian mesin yang perlu diperiksa. Informasi ini diketahui dari indikator di panel ruang pilot. Maka, sesuai dengan arahan non-normal checklist (prosedur yang harus dilakukan dalam keadaan tertentu), mesin dinyalakan kembali tapi ternyata tidak bisa.

Akhirnya pilot mendaratkan kembali pesawat ke bandara terdekat. Pesawat itu mendarat kembali di Soekarno-Hatta pada pukul 12.22 WIB.

“Sampai di bandara, butuh waktu lama untuk memeriksa pesawat, sehingga butuh pesawat baru yang disiapkan untuk penumpang. Pesawat sudah siap dan segera boarding pukul 15.00 WIB,” kata Ikhsan.

Belum diketahui gangguan mesin apa yang membuat pesawat itu balik ke Soekarno-Hatta. “Perlu pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui itu,” kata Ikhsan.
(mam/yes)

Facebook Comments
torabika