Forum Kota Sehat Ciptakan Kampung Wisata

0
Suasana Kampung Wisata

CILEGON – Forum Kota Sehat Kota Cilegon berkomitmen menciptakan wilayah kota diujung Jawa itu menjadi kota yang bersih, sehat dan indah. Hal itu ditandai dengan menciptakan Kampung Wisata di Lingkungan Ketileng Barat, Kelurahan Ketileng, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon.

Wakil Ketua Forum Kota Sehat, Fredy Indradi mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Mustika Sangkuriang di kawasan Link Ketilmeng Barat melakukan penataan lingkungan setempat yang awalnya lahan kosong dan gersang dijadikan kampung wisata.

Fredy yang juga Ketua PHRI Cilegon menjelaskan di area seluas 7.000 meter persegi tersebut ditanam berbagai macam buah buahan dan pembibitan ikan lele dan nila. Tanaman bermacam buah buahan seperti melon dan labu madu serta berbai macam sayuran tersebut dengan sistim Aquaponik.

“Panen buah melon jenis Stela yang perdana ini adalah salah satu contoh kegiatan pemanfatan lahan yang terbatas. Lingkungan ditata dengan rapih dan bersih dengan tanaman yang menghasilkan. Setidaknya hasil dari panen ini bisa bermanfaat untuk kelompok wanita tani yang anggotanya dari masyarakat sekitar,” ujar Fredy Selasa (14/11/2017).

Assda II Pemkot Cilegon, Beatri Noviana menyatakan mendukung penuh upaya Forum Kota Sehat yang ingin menjadikan area KWT Mustika Sangkuriang untuk dijadikan kampung wisata. Pihaknya meminta agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bisa bersinergi dengan Forum Kota Sehat dalam berbagai macam kegiatan.

“Untuk mengembangkan Kampung Wisata ini bukan hanya OPD terkait yang harus melibatkan diri di dalamnya. Kita juga akan dorong agar dana Corporate Social Responsibility (CSR) nanti bisa untuk membantu kegiatan yang bagus ini,” papar Beatri.(CON/TBI)

Facebook Comments
torabika