Facebook Tutup Tiga Aplikasi

Facebook akan mematikan tiga aplikasi miliknya karena penggunaannya yang rendah. Semua data penggunanya juga akan dihapus dalam waktu 90 hari. Aplikasi apa saja?

Aplikasi yang dimaksud adalah Moves, Hello, dan Tbh. Ketiganya ditutup karena tak mampu mendapatkan banyak audiens.

Seperti detikINET kutip dari The Verge, Selasa, (3/7/2018), Moves adalah aplikasi fitness yang diluncurkan tahun 2013 dan dibeli Facebook setahun kemudian. Sedangkan Hello adalah aplikasi Android yang dapat menyatukan detail di facebook dengan informasi kontak pada telepon seluler pengguna.

Seperti yang dilansir oleh detik.com pada Selasa (03/07/18) Masalah selain kurang diminati pengguna adalah mandeknya pengembangan aplikasi. Kedua aplikasi tersebut tidak berkembang banyak setelah diluncurkan dan tak pernah diperbarui selama lebih dari satu tahun.

Tbh seharusnya jadi aplikasi menjanjikan. Ia adalah aplikasi media sosial anonim yang memungkinkan siswa-siswi SMA saling mengirim berbagai pujian satu sama lain. Aplikasi ini fokus pada anak muda dan anonimitas, namun bertujuan untuk menyebarkan pesan-pesan positif.

Tbh terus diperbarui dan bahkan baru-baru ini meluncurkan fitur messaging, tapi ternyata tidak cukup. Dari ketiga aplikasi yang ditutup, Tbh sepertinya adalah kegagalan Facebook yang terbesar, karena aplikasi ini baru diluncurkan 11 bulan lalu dan dibeli oleh Facebook pada Oktober.

Facebook telah melewati fase di mana mereka mencoba untuk bereksperimen dengan berbagai aplikasi baru, dan banyak dari eksperimen tersebut tidak berhasil. Mungkin dalam beberapa kasus Facebook lebih tertarik kepada tim di balik layar dibanding dengan aplikasi itu sendiri.

Dengan perkembangan Instagram yang luar biasa, Facebook mungkin tidak merasa terancam oleh aplikasi-aplikasi lainnya yang menjadikan remaja sebagai target. Namun kegagalan tbh menjadi pengingat tentang sulitnya persaingan dalam pasar ini.

Facebook berkata bahwa menutup aplikasi-aplikasi ini akan mempermudah mereka dalam memprioritaskan sumber daya ke bidang lainnya. “Hanya melalui coba-cobalah kita dapat membuat eksperimen sosial yang baik untuk masyarakats,” ujar mereka. (mam/yes)

Facebook Comments
torabika