Eksekusi Putusan Pengadilan, SMPN 6 OKU Mulai di Bongkar

Eksekusi Putusan Pengadilan, SMPN 6 OKU Mulai di Bongkar

PaparazyNews.NET – BATURAJA, Pengadilan Negeri Baturaja memenangkan gugatan Hj Siti Khodijah (69). Atas tanahnya seluas 18×75 meter di Desa Peninjauan, Kecamatan Peninjauan, OKU.

Sebelumnya tanah tersebut diserobot oleh pemerintah dan dibangun gedung SMPN 6 OKU. Kini, warga Dusun 1 Desa Peninjauan, Kecamatan Peninjauan, OKU secara penuh memiliki tanah yang disengketakan.

“Semua sudah dipertimbangkan. Sehingga kami melaksanakan amar putusan. Yakni tanah 18×75 meter tersebut milik pemohon,” kata Ketua Pengadilan Negeri Baturaja, Mimi Haryani SH, Rabu (25/6).

Pemohon melakukan gugatan karena ada haknya diganggu orang lain. Tanahnya dikuasai tergugat. “Proses eksekusi tidak ada masalah. Karena tergugat menyerahkan tanah tersebut kepada pemohon secara sukarela. Jadi semuanya sudah selesai,” ungkapnya.

Adanya putusan tersebut, beberapa gedung yang ada di area SMPN 6 OKU harus dibongkar. Diantaranya pagar, gedung perpustakaan dan gedung komite.

“Pelaksanaan eksekusi dilakukan secara kekeluargaan. Secara aturan eksekusi dilakukan oleh pemohon. Namun, kami yang melakukan pembongkaran gedung yang ada di atas tanah tersebut,” ujar Kepala Dinas Pendidikan OKU, Mahyudin Helmi.

Meski ada pembongkaran gedung, lanjut Mahyudin Helmi aktivitas di sekolah tidak terganggu. “Akan kami programkan pembangunan tempat belajar yang rusak. Apalagi ada penerimaan siswa baru. Termasuk akan kami membuat pagar permanen,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, pada 2001 lalu pihaknya mendapat hibah tanah dari masyarakat. Kemudian dibangun sekolah. Ternyata ada masyarakat yang tidak ikhlas dengan hibah tersebut. Kemudian menggugat.

“Pembangunan sendiri sesuai sertifikat. Tidak tahu bisa seperti ini. Ini menjadi pengalaman kami. Kedepan surat-surat tanah dari hibah masyarakat harus ditertibkan. Agar kejadian seperti ini tak terulang lagi,” tambahnya.

Kuasa hukum penggugat, Muslim Tazai mengatakan putusan pengadilan sesuai dengan gugatan. “Tadinya akan kami lakukan eksekusi. Karena berbagai upaya, tidak terjadi eksekusi. Mereka (tergugat) menyerahkan secara sukarela,” pungkasnya.

Pantauan penasumateradeadline.com di lapangan, 3 buah gedung mulai di bongkar pihak SMPN 6 OKU. Gedung Perpustakaan, Rumah Penjaga Sekolah, serta 3 Ruang Belajar siswa.

Penulis : Ganesa